• Home
  • Berita
  • Dukung KTT ASEAN, Telkom Siapkan Infrastruktur Jaringan hingga 100 Gbps

Dukung KTT ASEAN, Telkom Siapkan Infrastruktur Jaringan hingga 100 Gbps

Redaksi
Sep 03, 2023
Dukung KTT ASEAN, Telkom Siapkan Infrastruktur Jaringan hingga 100 Gbps
Jakarta -

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyiapkan infrastruktur jaringan telekomunikasi untuk menyukseskan penyelenggaraan KTT ke-43. Infrastruktur dengan total kapasitas bandwidth 27,7 Gbps serta jalur yang beragam dan saling backup dihadirkan untuk mendukung puncak konferensi negara-negara ASEAN tersebut.

Konferensi ini juga akan didukung 196 access point dan 7 Satellite News Gathering (SNG). Venue utama KTT ASEAN 2023 pun dilengkapi dengan infrastruktur jaringan berkapasitas maksimal 100 Gbps.

Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan KTT ke-43 ASEAN adalah event internasional yang sangat penting dan strategis.

"Untuk itu TelkomGroup siap hadirkan infrastruktur dan layanan ICT terbaik karena ini tidak hanya menyangkut reputasi perusahaan tapi mempertaruhkan nama baik Indonesia di mata dunia, khususnya negara-negara ASEAN. Untuk itu mari kita perlihatkan kualitas terbaik dari infrastruktur telekomunikasi Indonesia melalui sukses penyelenggaraan event ini," ungkap Herlan dalam keterangan tertulis, Minggu (3/9/2023).

Ia mengungkapkan sebelumnya pada Jumat (1/9) pihaknya telah melaksanakan Apel Kesiapan Kerja KTT ASEAN TelkomGroup di Telkom Slipi, Jakarta. Kegiatan apel yang dipimpinnya langsung ini diikuti oleh seluruh karyawan dan teknisi yang bertugas dalam pengawalan infrastruktur, jaringan, dan layanan TelkomGroup selama KTT ASEAN pada 5-7 September 2023.

Selain menyiapkan infrastruktur yang memadai, lanjut Herlan, pihaknya pun menyiapkan 242 personel untuk memastikan kualitas layanan tetap prima selama kegiatan berlangsung. Para personel tersebar di posko, area konferensi, hingga lapangan.

Ia merinci setidaknya ada delapan posko di pusat, regional, dan anak perusahaan yang akan melakukan pengawalan serta pengamanan kualitas layanan secara berkala. Layanan tak hanya diversity pada jalur komunikasi, namun juga dilengkapi dengan Next Generation Firewall untuk mengantisipasi adanya serangan siber.

Lebih lanjut, Telkomsel selaku anak usaha Telkom mengoptimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan di lebih dari 2.590 BTS broadband. Termasuk tambahan 149 BTS 4G/LTE dan mengoperasikan 5 Compact Mobile BTS (COMBAT).

Herlan mengungkapkan persiapan tersebut dilakukan guna mengantisipasi potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi di sejumlah area, seperti penginapan, lokasi rangkaian kegiatan KTT ke-43 ASEAN, hingga titik-titik transit transportasi seperti bandara hingga destinasi wisata.

Telkomsel juga melakukan penambahan dan perluasan cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan 7 BTS 5G. Jaringan ini telah menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan KTT ke-43 ASEAN, sehingga dapat menghadirkan akses jaringan broadband berteknologi terkini yang memberikan pengalaman aktivitas digital yang prima bagi seluruh delegasi.

Selain venue utama konferensi, Telkom mendukung penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi di area-area vital, seperti bandara, hotel delegasi, dan media center. Telkom juga menyediakan layanan command center untuk Pasukan Pengamanan Presiden, Polisi, dan TNI.

"Dengan kesiapan infrastruktur serta operasional dari sisi people, process, dan tools yang dimiliki, mari bersama-sama kita sukseskan event KTT ke-43 ASEAN di Jakarta," pungkasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya Telkom juga ikut serta mendukung penyelenggaraan event internasional kenegaraan pada KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo tanpa kendala berarti.

(anl/ega)
back to top