• Home
  • Berita
  • Duh! Dua Teleskop Tercanggih Sejagat Diretas

Duh! Dua Teleskop Tercanggih Sejagat Diretas

Redaksi
Sep 03, 2023
Duh! Dua Teleskop Tercanggih Sejagat Diretas
Jakarta -

Tidak hanya perusahaan, rupanya peretas juga melakukan serangan siber terhadap observatorium astronomi terkemuka di dunia.

Laboratorium penelitian astronomi inframerah optik nasional atau NOIRLab milik National Science Foundation melaporkan insiden keamanan siber yang terjadi pada 1 Agustus lalu.

Kejadian itu membuat dua teleskop tercanggih sejagat di era modern saat ini, yaitu Teleskop Gemini Utara di Hawaii, Amerika Serikat, dan Teleskop Gemini Selatan di Chili ditutup untuk sementara waktu.

Adapula teleskop lainnya di Cerro Tello di Chili juga terkena dampak dari serangan siber peretas tersebut. Hanya saja dibandingkan dua teleskop, dampak tidak terlalu signifikan.

"Staf kami bekerja sama dengan pakar keamanan siber untuk membuat semua teleskop yang terkena dampak dan situs web kami kembali online sesegera mungkin dan terdorong oleh kemajuan yang dicapai sejauh ini," tulis NOIRLab dalam pernyataan di situsnya dikutip dari Live Science, Minggu (3/9/2023).

Belum diketahui jelas secara pasti apa sifat dan dari mana asalnya serangan siber ini. Namun NOIRLab menekankan bahwa karena penyelidikan masih berlangsung, organisasi tersebut akan berhati-hati dalam memberikan informasi tentang penyusupan tersebut.

"Kami berencana untuk memberikan lebih banyak informasi kepada masyarakat jika kami mampu, sejalan dengan komitmen kami terhadap transparansi serta dedikasi kami terhadap keamanan infrastruktur kami," tuturnya.

Serangan siber peretas terhadap fasilitas NOIRLab ini terjadi hanya beberapa hari sebelum Pusat Kontra Intelijen dan Keamanan Nasional (NCSC) Amerika Serikat merilis buletin terkait ancaman serangan siber terhadap perusahaan luar angkasa dan organisasi penelitian Amerika.

Serangan siber terhadap observatorium nasional ini bukan kali pertama terjadi. Pada Oktober 2022, peretas pernah mengganggu operasi Atacama Large Milimeter/submilimeter Array (ALMA) di Chili. Begitu pula NASA pernah jadi korban serangan siber selama bertahun-tahun.



Simak Video "Teleskop James Webb Rilis Keindahan Galaksi Spiral M51"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/rns)
back to top