• Home
  • Berita
  • DPR Desak Kominfo Segera Bagi Set Top Box Gratis Tepat Sasaran

DPR Desak Kominfo Segera Bagi Set Top Box Gratis Tepat Sasaran

Redaksi
Nov 04, 2022
DPR Desak Kominfo Segera Bagi Set Top Box Gratis Tepat Sasaran

Anggota Komisi I DPR Nurul Arifin mendesak pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk segera mendistribusikan set top box gratis kepada masyarakat.

Hal itu disampaikannya seiring telah dihentikannya siaran TV analog di Jabodetabek dan digantikannya TV digital atau Analog Switch Off (ASO) pada 2 November 2022.

"Yang terpenting dalam ASO ini, pemerintah lewat Kemenkominfo harus mampu mendistribusikan set top box (STB) kepada masyarakat yang membutuhkan dengan tepat sasaran. Jangan sampai rumah tangga yang benar-benar tidak mampu malah terlewat dalam pembagian STB gratis tersebut," ujar Nurul dikutip dari situs DPR, Jumat (4/11/2022). Menurut Anggota Fraksi Partai Golkar ini, seluruh masyarakat kurang mampu, terutama yang wilayahnya yang terdampak siaran TV analog sudah dimatikan, harus dipastikan bisa mengakses siaran TV digital.

"Pemerataan siaran televisi digital yang memuat informasi dan hiburan secara gratis atau tidak berbayar harus bisa merata dan menjangkau seluruh lapisan," katanya. Berdasarkan data yang diperoleh detikINET dari Kominfo, bahwa sampai dengan 3 November 2022, Kominfo telah menyalurkan sebanyak 476.088 unit set top box gratis (99,3%) dari target 479.307 unit kepada penerima bantuan di wilayah Jabodetabek.

Namun untuk cakupan nasional, realisasinya masih jauh dari target. Set top box gratis yang sudah didistribusikan per 2 November 2022 itu sebanyak 1.109.724 unit atau baru terealisasi 20% saja dari target 5.535.544 unit.

"Karena ada keharusan bagi pemerintah untuk membantu STB bagi masyarakat agar bisa mengakses siaran digital," pungkas anggota DPR dari Dapil Jawa Barat I ini.

Kominfo sendiri untuk wilayah Jabodetabek telah membuka posko fisik di enam titik yang mulai beroperasi sejak tanggal 2 hingga 4 November 2022, jam 08.00 - 19.00 WIB yang berlokasi di The Akmani Hotel (Jakarta), Hotel Bumi Wiyata (Depok), Hotel Amaroosa Grande (Bekasi), Hotel Novotel (Tangerang), Grand Zuri BSD City (Tangerang Selatan), dan Hotel Sajak The Heritage (Bogor).

Sedangkan untuk wilayah lainnya, Kominfo baru menyediakan posko online dengan melalui layanan nomor telepon 159 atau chat bot WhatsApp di nomor 08118202208. Masyarakat juga bisa mengakses laman website https://siarandigital.kominfo.go.id/ untuk mengetahui seputar suntik mati TV analog dan TV digital, serta pembagian set top box gratis.

back to top