• Home
  • Berita
  • Dipecat dari Posisi CEO, Berapa Kekayaan Sam Altman?

Dipecat dari Posisi CEO, Berapa Kekayaan Sam Altman?

Redaksi
Nov 19, 2023
Dipecat dari Posisi CEO, Berapa Kekayaan Sam Altman?
Jakarta -

Sam Altman dipecat dari posisi CEO OpenAI. Kabar ini tentu saja mengejutkan banyak pihak karena Altman merupakan co-founder dari perusahaan tersebut.

Beberapa waktu belakangan, nama Altman memang sedang tinggi-tingginya menarik perhatian. Sukses dengan ChatGPT, dia menjadi salah satu piawai di bidang teknologi yang dihormati. Harta kekayaannya pun melejit seiring dengan kesuksesannya.

Akan tetapi, melansir The Street, kekayaan bersih Sam Altman sulit untuk ditebak alias misterius. Yang pasti, perusahaan yang dia pimpin, dirikan dan dia dukung, bernilai lebih dari USD 500 miliar atau sekitar Rp 7.712 triliun bila dijumlahkan. Sementara itu, sumber lain yakni LinkedIn memperkirakan kekayaan Sam Altman sudah menyentuh angka USD 600-700 juta (setara Rp 9,2-10,7 triliun).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari mana saja sumber kekayaan Sam Altman?

Perusahaan yang didirikan dari mantan mahasiswa Standford pertama kali adalah Loopt. Dia mendirikannya pada 2005, saat usianya baru 19 tahun. Teknologi ini kemudian diadopsi Apple dan Blackberry sebelum akhirnya diakuisisi oleh GreenDot Corporation senilai USD 43,4 juta di tahun 2012.

Selain itu, Altman juga terlibat di perusahaan Y Combinator. Nama Sam Altman pun mulai dikenal hingga pada 2014 ia diangkat menjadi presiden di perusahaan ini. Dia menggantikan Paul Graham yang merupakan salah satu pendirinya.

Pengalaman karier lainnya dari Sam Altman adalah dia ditunjuk menjadi CEO Reddit, sebuah forum yang terkenal, sejak 2014 hingga 2022. Kemudian pada 2015, sekelompok pemimpin teknologi, termasuk Altman, Elon Musk, Greg Brockman, Ilya Sutskever, Wojciech Zaremba, dan John Schulman, memulai laboratorium penelitian AI nirlaba bernama OpenAI, dengan Altman sebagai CEO-nya.

Tujuan Altman dan rekannya dengan OpenAI adalah membuat AI yang dapat diakses oleh semua orang. Perusahaan merilis demo awal chatbot ChatGPT pada November 2022.



Simak Video "Bos Chat GPT dapat Golden Visa RI"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)
back to top