• Home
  • Berita
  • Deretan Fitur Canggih di Laptop Gaming Asus dengan Intel Raptor Lake

Deretan Fitur Canggih di Laptop Gaming Asus dengan Intel Raptor Lake

Redaksi
Feb 28, 2023
Deretan Fitur Canggih di Laptop Gaming Asus dengan Intel Raptor Lake

Setelah dipamerkan di ajang CES 2023 lalu, Asus bakal segera memboyong deretan laptop gaming terbarunya yang memakai prosesor Raptor Lake, alias prosesor Intel generasi ke-13, lengkap dengan sejumlah fitur barunya.

Deretan laptop gaming ini tersebar dari berbagai seri dan desain, dari mulai jajaran ROG Strix SCAR yang powerful sampai yang punya desain konvertibel seperti ROG Flow.

"Jajaran laptop gaming ROG tahun ini tidak hanya sekadar tampil dengan pembaruan spesifikasi hardware saja, tetapi juga memiliki tampilan dan fitur baru yang telah dirancang khusus untuk memanjakan para gamer dan kreator. Kami tidak sabar untuk segera menghadirkan semua jajaran laptop gaming terbaru ini di Indonesia," kata Jimmy Lin, Asus Southeast Asia Regional Director di Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Laptop ROG paling kencang saat ini menggunakan prosesor 13th Gen Intel Core HX Series. Salah satu varian prosesornya adalah Core i9-13950HX yang diklaim sebagai prosesor mobile paling kencang, tampil dengan konfigurasi 24 core, memiliki base power 55W, serta mampu berjalan di frekuensi hingga 5,6GHz.

Selain sangat powerful, prosesor tersebut juga dibekali dengan teknologi Intel Killer WiFi 6E, Bluetooth LE Audio, serta Thunderbolt 4 untuk konektivitas terbaik. Prosesor ini sangat cocok untuk gamers, konten kreator, hingga dapat memenuhi kebutuhan penelitian di bidang teknik serta sains yang memang membutuhkan performa komputasi terbaik.

Dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya, yaitu Intel Core i9-12900HX, prosesor terbaru Intel Core i9-13950HX mampu menghasilkan performa single thread hingga 11% lebih tinggi. Sementara peningkatan performa multitask-nya meningkat hingga 49%.

Selain seri HX, ada juga laptop dengan prosesor seri H, yang varian tertingginya adalah Core i9-13900HK. Prosesor ini punya 20 core, base power 45W, serta clock speed hingga 5,4GHz.

Selain prosesor kencang, deretan laptop gaming ini juga menggunakan ROG Nebula Display, yang merupakan sebutan pabrikan asal Taiwan itu untuk pilihan layar terbaik untuk laptopnya.

ROG Nebula Display memiliki persyaratan yang sangat ketat untuk memastikan gamers mendapatkan layar yang tidak hanya cepat dan responsif, tetapi juga dapat menampilkan warna yang sangat kaya serta memiliki tingkat kecerahan yang tinggi.

Di tahun 2023, ROG akan menghadirkan layar yang tersertifikasi ROG Nebula ke lebih banyak lini laptop gaming dibandingkan tahun sebelumnya. Dari laptop gaming ringkas 13-inci hingga laptop kelas performance dengan layar 18-inci, gamers akan memiliki lebih banyak opsi laptop yang menggunakan layar ROG Nebula.

Selain layar, ROG juga meningkatkan performa sistem pendingin eksklusifnya yaitu ROG Intelligent Cooling Technology. Sistem pendingin tersebut merupakan solusi yang menggabungkan performa pendinginan serta akustik secara komprehensif.

Dalam sistem ini, Asus menggunakan full width heatsink dengan Tri-Fan Technology. Sesuai dengan namanya, full-witdh heatsink merupakan heatsink dengan desain membentang di bagian belakang bodi laptop. Berkat desainnya yang unik, full-witdh heatsink memiliki area pelepasan panas yang lebih luas sehingga membuat sistem pendinginan dapat berjalan lebih efisien.

Full-width heatsink kini hadir di ROG Zephyrus M16 terbaru, serta ROG Strix varian 16-inci dan 18-inci terbaru. Sementara itu Tri-Fan Technology menggunakan tiga kipas untuk mendinginkan seluruh komponen yang ada di dalam laptop ROG.

back to top