• Home
  • Berita
  • Cara Pantau Jadwal & Posisi Bus TransJakarta di Google Maps Realtime

Cara Pantau Jadwal & Posisi Bus TransJakarta di Google Maps Realtime

Redaksi
May 15, 2024
Cara Pantau Jadwal & Posisi Bus TransJakarta di Google Maps Realtime
Jakarta -

Bus TransJakarta kini makin terintegrasi dengan aplikasi Google Maps. Dengan begitu, kamu bisa memantau posisi dan memperkirakan kedatangan bus secara real-time.

Sejatinya layanan TransJakarta sudah terintegrasi dengan Google Maps sejak tahun 2016. Namun saat itu cuma menampilkan informasi seputar waktu perjalanan melalui Google Maps Transit.

Kini lewat Google Maps, pengguna TransJakarta dapat memantau berapa menit lagi bus tiba maupun posisi terkini bus yang hendak ditumpangi. Sebagai contoh pengguna TransJakarta hendak naik bus 6V rute Ragunan-GBK, posisi dan perkiraan waktu tiba bus tersebut dapat dipantau.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun kabar soal integrasi GPS TransJ dengan Google Maps ini menjadi pembicaraan warga pengguna TransJ di X. Banyak pengguna TransJ yang mengaku senang dengan kehadiran fitur ini.

ADVERTISEMENT

Akun resmi PT TransJakarta juga merespons hal ini. Mereka mengatakan akan terus meningkatkan pelayanannya.

"Hai kak. Terima kasih atas apresiasi yang diberikan. TransJakarta akan meningkatkan pelayanan bagi pelanggan. Terima kasih," bunyi cuitan balasan TransJ.

Cara Pantau Jadwal Kedatangan Bus TransJakarta di Google Maps Realtime

  1. Buka aplikasi Google Maps di smartphone, lalu cari ikon Halte yang dituju, misal halte Tegal Mampang.
  2. Saat ikon Halte Tegal mampang diklik, maka akan ditampilkan jadwal kedatangan bus-bus Transjakarta secara live atau real-time.
    Sebagai contoh saat detikcom memantau bus dengan rute ke Puri Beta, jadwal kedatangan yang tampil di aplikasi Google Maps sama dengan kedatangan bus tersebut di halte.
  3. Di Google Maps, pengguna akan ditampilkan rute perjalanan yang menjadi opsi pengguna, kemudian bus akan tampil di Goole Maps dengan logo Transjakarta biru dilengkapi nomor koridor dan waktu tempuhnya.
  4. Lalu klik rute yang dituju kemudian klik lokasi di mana kamu menunggu bus TransJakarta tiba. Apabila ingin mengetahui posisi bus secara real-time, klik kolom pilihan bus berwarna hijau yang menunjukkan waktu kedatangan.


Simak Video "Indonesia Akan Luncurkan Aplikasi Penunjuk Arah Mirip Google Maps"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/afr)
back to top