• Home
  • Berita
  • Kunjungan Bali Akan Jadi Momen Elon Musk Resmikan Starlink di Ritel RI

Kunjungan Bali Akan Jadi Momen Elon Musk Resmikan Starlink di Ritel RI

Redaksi
May 14, 2024
Kunjungan Bali Akan Jadi Momen Elon Musk Resmikan Starlink di Ritel RI
Jakarta -

CEO SpaceX Elon Musk dijadwalkan akan menghadiri World Water Forum di Bali. Kehadirannya juga sebagai penanda diresmikannya Starlink masuk ke pasar ritel Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pun menanti kedatangan Musk ke Indonesia.

"Tentu pemerintah mengharapkan kehadiran para Kepala Negara, tokoh-tokoh global, dan seluruh delegasi dalam perhelatan World Water Forum di Bali, termasuk Elon Musk," ujar Budi kepada detikINET, Selasa (14/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Budi belum memberikan informasi lebih lanjut terkait agenda kunjungan bos teknologi tersebut di tanah air pada pekan ini.

ADVERTISEMENT

"Saat ini persiapan-persiapan sedang dilakukan dan akan saya infokan ke rekan-rekan media updatenya," ungkap dia.

Diberitakan sebelumnya dari detikBali, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan telah memastikan kedatangan Elon Musk di WWF nanti untuk meresmikan layanan Starlink di Indonesia.

Luhut membeberkan hadirnya Starlink bisa menuntaskan masalah ketimpangan layanan internet di Tanah Air, terutama di daerah terpencil. Menurutnya, agenda tersebut sudah dibahas matang dalam rangkaian WWF.

Ia juga menegaskan kehadiran Elon di WWF sebagai pembicara publik dalam sesi acara pembukaan.

"Elon juga diundang sebagai pembicara publik di pembukaan dari WWF nanti," sambung Luhut.

Berbeda dari sebelumnya yang hanya melayani pelanggan bisnis, Starlink kini memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia dengan menyasar pelanggan ritel.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan bahwa layanan Starlink telah berhasil melalui tahapan Uji Laik Operasi (ULO). Ini artinya, Starlink telah direstui untuk melayani pelanggan ritel Indonesia.

Meski akan diresmikan pekan ini, Starlink sudah banyak dipesan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya Asep Indrayana yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat, sudah menjajal layanan internet berbasis satelit tersebut.



Simak Video "Lolos Uji Laik Operasi, Starlink Akan Diuji Coba di IKN"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)
back to top