• Home
  • Berita
  • Cara Bikin Foto Makanan Pakai HP Bisa Bikin Mata Ngiler

Cara Bikin Foto Makanan Pakai HP Bisa Bikin Mata Ngiler

Redaksi
May 15, 2024
Cara Bikin Foto Makanan Pakai HP Bisa Bikin Mata Ngiler
Jakarta -

Kamera HP kini sudah bisa diandalkan untuk memotret foto makanan. Tapi ada beberapa hal yang musti diperhatikan supaya hasil jepretan bikin mata ngiler saat melihatnya.

"Goal membuat foto makanan adalah membuat yang melihat ngiler. Pencahayaan menjadi faktor yang sangat-sangat penting," ujar Marisa Djemat, Professional Food Photographer saat sesi workshop Galaxy A35 di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Dijelaskan Marisa, ada dua jenis pencahayaan yakni natural dan artifisial. Fotografer mesti tepat dalam menempatkan pencahayaan agar bisa menampilkan detail dan memperkuat tekstur objek yang difoto, dalam hal ini makanan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lalu, perlu penataan atau styling. Hal ini sangat menentukan supaya foto yang dibuat terlihat cantik dan menarik.

Ada beberapa hal yang musti dipikirkan saat mempersiapkan styling pemotretan makanan. Pertama, melihat jenis makanan yang hendak difoto.

ADVERTISEMENT

"Kita pilah jenis makanannya terlebih dulu, apakah itu makanan Korea atau Indonesia. Dari situ kita bisa memikirkan styling-nya," kata Marisa.

Kedua bisa dilihat dari bahan-bahannya. Misalnya makanan pedas tentu ada pernik cabe, atau kalau kopi terdapat bijinya.

Menentukan styling dapat mempertimbangkan lokasinya. Misalnya di kafe, bisa menggunakan style sedang membaca majalah atau meletakkan kaca mata di dekat objek. Contoh lainnya di dapur, kita dapat memanfaatkan pisau, talenan atau serbet untuk styling pemotretan.

Agar memudahkan dalam styling, Marisa membagikan sejumlah trik.

  1. Letakkan objek utama di 3/4 frame
  2. Tambahkan properti yang sesuai, misalnya dimsum dilengkapi sambal dan sumpit. Atur posisinya sehingga membentuk huruf X
  3. Jika ingin menambahkan menu atau properti bisa dilakukan dengan leveling. "Satu tinggi, satu rendah, tapi tetap membentuk huruf X," kata Marisa.
Marisa Djemat, Professional Food Photographer Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Marisa menyarankan untuk memperhatikan angle saat pemotretan supaya makanan dapat tampil menarik. Ada tiga angle yang disarankan lulusan Desain Interior Universitas Trisakti ini:

  • 3/4 sudut kamera. Posisikan HP dalam sudut 45 derajat sehingga bisa menangkap bagian atas dan depan makanan di piring.
  • Flat Layout. Menampilkan hidangan makanan tampak atas secara keseluruhan
  • Eye Level. Mengambil foto dengan menampilkan makanan sejajar dengan pandangan mata.


Simak Video "Blibli dan Samsung Electronics Indonesia Hadirkan Samsung Experience Lounge Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)
back to top