• Home
  • Berita
  • Bukan Besok, PeduliLindungi Jadi SatuSehat Mobile 1 Maret 2023

Bukan Besok, PeduliLindungi Jadi SatuSehat Mobile 1 Maret 2023

Redaksi
Feb 27, 2023
Bukan Besok, PeduliLindungi Jadi SatuSehat Mobile 1 Maret 2023

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan perubahan aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile terjadi pada 1 Maret 2023, bukan 28 Februari seperti diungkapkan sebelumnya.

Deputy Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes, Agus Rachmanto, mengatakan pada mulanya kehadiran PeduliLindungi menjadi solusi digital untuk membantu pencegahan penularan ketika COVID-19 merebak di Indonesia. Begitu juga soal vaksinasi.

"Sebenarnya SatuSehat ini keluarga, jadi platform bukan aplikasi secara spesifik seperti PeduliLindungi seperti sekarang, di mana platform itu mengintegrasikan rekam medis elektronik kita, data layanan kesehatan, dan lainnya ke platform tersebut," ujar Agus dalam acara TransforkesTalks #1, Senin (27/2/2023).

Lebih lanjut, kata Agus, SatuSehat itu punya keluarga bernama SatuSehat Mobile yang nantinya memungkinkan pengguna untuk mengakses rekam medis elektronik (RME). Selain itu juga, bisa dimanfaatkan untuk sertifikat vaksin, imunisasi, pencatatan minum obat, serta hal lainnya yang akan dikembangkan oleh Kemenkes.

Keunggulan SatuSehat tersebut yang kemudian akan diintegrasikan oleh Kemenkes dengan aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile.

Disampaikan Agus, aplikasi PeduliLindungi akan bertransformasi secara total menjadi sistem layanan kesehatan bernama SatuSehat Mobile pada 1 Maret 2023.

"SatuSehat Mobile itu PeduliLindungi yang nanti akan otomatis berubah, karena kita tidak ingin menyulitkan masyarakat. Jadi, kita hanya memberitahukan akan ada perubahan, masyarakat tinggal tunggu nanti tanggal 1 Maret ini aplikasi PeduliLindungi di HP akan berubah sendiri," tuturnya.

"Kalau memerlukan update, nanti tinggal update saja. Tidak perlu unduh ulang atau registrasi ulang. Jadi, nanti tinggal cek di HP sudah (PeduliLindungi) berubah (menjadi SatuSehat Mobile)," sambung Agus.

Berbicara soal fitur di aplikasi SatuSehat Mobile, Agus mengungkapkan fitur yang tersedia diyakini akan mempermudah penggunaan.

"Mungkin sekarang sebagian fitur mirip seperti PeduliLindungi karena sedang dalam proses transisi, kita sedang proses rekam medis kita di SatuSehat, dengan nanti semakin banyak rumah sakit terintegrasi di SatuSehat nanti fiturnya semakin banyak," ucapnya.

Agus menegaskan SatuSehat ini akan jadi platform kesehatan utama masyarakat Indonesia sekaligus memangkas jumlah layanan yang serupa.

Mengenai keamanan data SatuSehat Mobile, Kemenkes juga menjanjikan data pengguna terlindungi. Adapun soal ini, Kemenkes sudah berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam melakukan sertifikasi aplikasi, menentukan bentuk sistem keamanan, tata kelola teknologi, sampai mengenai registrer manajemen dan sumber daya manusianya.

back to top