• Home
  • Berita
  • Bukan April Mop, WhatsApp Garap Fitur untuk Kunci Chat

Bukan April Mop, WhatsApp Garap Fitur untuk Kunci Chat

Redaksi
Apr 01, 2023
Bukan April Mop, WhatsApp Garap Fitur untuk Kunci Chat
Jakarta -

WhatsApp sedang menggarap fitur yang sepertinya sudah lama dinanti pengguna. Aplikasi milik Meta ini mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunci dan menyembunyikan chat.

Fitur ini ditemukan oleh WABetaInfo di WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.8.2. Namun saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan jadi belum tersedia untuk pengguna.

Menurut laporan WABetaInfo, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunci chat tertentu dan mengamankannya menggunakan password atau sidik jari.

Meski belum dirilis, WABetaInfo berhasil menemukan cara kerja fitur baru ini. Nantinya pengguna WhatsApp bisa mengunci chat langsung dari info kontak atau grup chat. Artinya fitur ini dapat digunakan untuk mengunci chat individu dan grup.

Setelah menambahkan chat ke dalam daftar chat yang terkunci, percakapan tersebut hanya akan bisa diakses di bagian 'locked chats' dan terpisah dari chat lainnya. Begitu dikunci, chat hanya bisa diakses menggunakan sidik jari atau password yang sudah dipasang oleh pengguna sehingga tidak bisa dibaca oleh orang lain.

Fitur locked chats di WhatsApp Foto: WABetaInfo

Chat yang sudah dikunci tidak bisa dibuka tanpa sidik jari atau password. Jika ada orang lain yang memaksa membuka chat yang sudah dikunci dan gagal memberikan autentikasi yang dibutuhkan, mereka akan diminta oleh WhatsApp untuk menghapus isi chat tersebut untuk membukanya.

Fitur ini tentu sangat bermanfaat untuk memberikan lapisan privasi dan keamanan tambahan untuk chat yang sensitif dan rahasia. Meski diumumkan pada tanggal 1 April, WABetaInfo menegaskan bahwa fitur ini benar-benar sedang dikembangkan oleh WhatsApp dan bukan April Mop.

"Ini berita sungguhan. Kami memutuskan untuk tidak merayakan April Mop karena dapat menimbulkan misinformasi tidak hanya hari ini tapi juga hari-hari berikutnya," tulis WABetaInfo dalam cuitannya di Twitter, seperti dikutip detikINET, Sabtu (1/4/2023).

"WhatsApp benar-benar menggarap fitur ini dan akan tersedia dalam update selanjutnya," sambungnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur mengunci chat masih dikembangkan oleh WhatsApp. Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis untuk beta tester dan kemudian semua pengguna WhatsApp.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur 'Report Status'"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)
back to top