• Home
  • Berita
  • Bos Apple Masih Dirujak Netizen Gara-gara Iklan iPad Pro

Bos Apple Masih Dirujak Netizen Gara-gara Iklan iPad Pro

Redaksi
May 10, 2024
Bos Apple Masih Dirujak Netizen Gara-gara Iklan iPad Pro
Jakarta -

Apple sudah meminta maaf perihal iklan iPad Pro yang kontroversial. Namun CEO Apple Tim Cook masih jadi bulan-bulanan netizen sampai berita ini dibuat.

Iklan kontroversial yang dimaksud tersebut menggambarkan sebuah alat hidrolik menghancurkan bermacam alat kreatif seperti bermacam alat musik, kanvas, patung, buku, dan lain sebagainya.

Alat-alat yang dihancurkan tersebut kemudian digambarkan berubah menjadi sebuah iPad Pro, yang semakin tipis dan semakin kencang. Iklan yang 'tone deaf' alias tidak peka ini langsung mendapat protes dari banyak pihak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari mulai aktor Hugh Grant sampai CEO Nothing Carl Pei menghujat Apple, tempatnya pada akun X milik Cook yang memang memposting video tersebut. Setelah beberapa hari, Apple akhirnya minta maaf lewat VP of Marketing Communications Tor Myhren.

Menurutnya iklan ini kurang tepat dan tidak akan ditayangkan di TV. "Tujuan kami adalah untuk selalu merayakan berbagai cara pengguna untuk mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami melenceng dari sasaran dan meminta maaf," ujarnya.

ADVERTISEMENT

Meski sudah minta maaf, Cook tidak menghapus iklan tersebut dari postingannya di X, dan ia pun masih menjadi bulan-bulanan netizen. Berikut adalah sejumlah kicauan netizen yang membalas postingan Cook tersebut.

"Sangat menyakitkan untuk ditonton. Apalagi yang harus dikatakan"
"Konsep yang paling buruk dalam sejarah. Selamat"
"Ini seharusnya menjadi studi kasus untuk mahasiswa marketing dan komunikasi. Sekalipun anda punya dana marketing USD 700 miliar, anda masih bisa membuat kesalahan yang sangat fatal."
"Arogansi Apple ditampilkan secara penuh."

[Gambas:Twitter]



Sebelum Apple minta maaf, kebanyakan kritik terhadap iklan tersebut berasal dari netizen Jepang. Iklan tersebut dianggap tidak menghormati seniman dan alat yang mereka gunakan. Banyak netizen Jepang yang memprotes iklan ini karena tidak sejalan dengan konsep 'tsukumogami'.

"Beberapa merasa terganggu karena kepercayaan pada 'Tsukumogami' - gagasan di mana alat kreatif memiliki jiwanya sendiri (sebuah gagasan yang indah), jadi menghancurkannya adalah tindakan yang benar-benar jahat," kata co-founder Halide Sebastiaan de With.



Simak Video "Spesifikasi dan Harga iPad Pro 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)
back to top