• Home
  • Berita
  • Bocoran iPhone SE 4 Terbaru: Jaringan 5G, Desain Ala iPhone 14

Bocoran iPhone SE 4 Terbaru: Jaringan 5G, Desain Ala iPhone 14

Redaksi
Apr 01, 2023
Bocoran iPhone SE 4 Terbaru: Jaringan 5G, Desain Ala iPhone 14
Jakarta -

Apple kabarnya sedang mengembangkan kembali model smartphone murah terbarunya, yakni iPhone SE 4. Hal ini tentu merupakan kabar baik karena sebelumnya ada rumor yang beredar kalau Apple enggan meneruskan projek iPhone SE generasi keempat.

Perlu diketahui, Apple terakhir kali merilis iPhone SE pada tahun 2022. Kala itu, Apple merilis iPhone SE generasi ketiga dengan mengusung chipset A15 Bionic serta desain yang mirip seperti iPhone SE 2.

Nah, di iPhone SE 4 kabarnya Apple bakal melakukan sejumlah perubahan besar. Tak hanya soal performanya saja, namun juga dari segi desain yang lebih modern.

Penasaran seperti apa bocoran iPhone SE 4 terbaru? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Bocoran iPhone SE 4 Terbaru

Mengutip situs MacRumors, ada berbagai rumor yang muncul di internet terkait iPhone SE 4. Biar nggak penasaran, simak beberapa bocoran terbaru mengenai iPhone SE 4.

1. Desain Ala iPhone 14

Menurut analis ternama Ming Chi-Kuo, iPhone SE 4 kabarnya akan menggunakan bahasa desain yang mirip dengan iPhone 14. Ia mengatakan kalau iPhone SE 4 bakal mengusung panel OLED, ukuran layar sekitar 6,1 inch, dan punya bezel yang tipis.

Sebagai perbandingan, iPhone SE 3 dan SE 2 masih menggunakan desain yang terinspirasi dari iPhone 7, yakni punya ukuran layar 4,7 inch, bezel yang tebal, serta masih menggunakan fitur keamanan Touch ID di bagian bawah.

2. Pakai Notch

Karena mengusung desain ala iPhone 14, secara otomatis iPhone SE 4 akan memiliki notch atau poni di bagian layarnya. Meski begitu, belum diketahui secara pasti apakah kehadiran notch juga didukung dengan fitur Face ID.

Sebab, Face ID membutuhkan teknologi TrueDepth camera untuk merekam wajah penggunanya saat akan membuka smartphone. Jika Apple mengusung TrueDepth camera, hal ini dapat meningkatkan ongkos produksi iPhone SE 4.

Seiring berjalannya waktu, nantinya seluruh line up iPhone flagship akan mengusung Dynamic Island, seperti yang ada di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Jadi, layar poni hanya hadir pada generasi iPhone SE saja.

3. Pakai Chip A16

Untuk SoC-nya, iPhone SE 4 rumornya akan menggunakan chipset A16 Bionic yang sama seperti pada model iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Sedikit informasi, chip A16 Bionic menggunakan fabrikasi 4nm dan punya 16 miliar transistor di dalamnya. Jadi sangat efisien dan cepat untuk dipakai sehari-hari.

4. Jaringan 5G

iPhone SE generasi keempat kabarnya akan dilengkapi dengan modem 5G yang dibuat sendiri oleh Apple. Kuo mengungkapkan, iPhone SE 4 akan mengusung chip 5G baseband yang diproduksi menggunakan pemrosesan 4nm.

Meski begitu, modem 5G ini hanya akan mendukung koneksi 5G sub-6, bukan mmWave yang lebih kencang. Oleh sebab itu, Kuo memprediksi kalau Apple butuh sekitar 1-2 tahun lagi hingga bisa menggunakan modem 5G buatannya di smartphone flagship.

5. Diproduksi Tahun 2024

Sebenarnya, Kuo belum mengungkap kapan iPhone SE generasi keempat bakal diluncurkan. Akan tetapi, ia mengatakan kalau iPhone SE 4 akan mulai diproduksi pada awal 2024 dan diluncurkan di tahun yang sama.

Sebagai perbandingan, iPhone SE 3 diluncurkan pada Maret 2022 lalu, sementara untuk iPhone SE 2 diresmikan April 2020 silam. Bila mengikuti timeline peluncuran iPhone SE, maka diyakini iPhone SE 4 bakal meluncur pada Maret-April 2024 mendatang.

Nah, itu dia pembahasan mengenai bocoran iPhone SE 4 terbaru. So, harap bersabar ya untuk detikers yang menantikan generasi terbaru iPhone SE.



Simak Video "Apple Bakal Luncurkan Aplikasi Streaming Musik Klasik "
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)
back to top