• Home
  • Berita
  • Bill Gates Makin Kaya Raya Berkat Tambang Tembaga Raksasa

Bill Gates Makin Kaya Raya Berkat Tambang Tembaga Raksasa

Redaksi
Feb 08, 2024
Bill Gates Makin Kaya Raya Berkat Tambang Tembaga Raksasa
Jakarta -

Bill Gates langganan papan atas orang terkaya di dunia, dengan harta saat ini menurut Forbes USD 123 miliar. Jeff Bezos sang pendiri Amazon lebih kaya lagi, di kisaran USD 191 miliar.

Nah, dua dedengkot di jagat teknologi itu berpotensi semakin kaya raya. Itu karena KoBold Metals, perusahaan eksplorasi tambang di California yang didukung keduanya, menemukan simpanan tembaga besar di Zambia, Afrika.

Penemuan ini dianggap sangat berharga karena tembaga sedang banyak diminati di tengah transisi energi saat ini. Tembaga antara lain digunakan dalam teknologi energi terbarukan maupun kendaraan listrik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Juru bicara KoBold Metals meyakini bahwa tambang itu nantinya akan menjadi pertambangan tembaga kualitas tinggi dan terbesar. "Skalanya sama dengan ukuran dan mutu tambang Kakula," kata Presiden KoBold Metals, Josh Goldman.

Ia merujuk pada tambang tembaga Kamoa-Kakula yang berukuran besar, terletak di perbatasan Zambia dan Kongo. Tahun silam, tambang itu memproduksi 400 ribu metrik ton tembaga.

Dikutip detikINET dari CNBC, Kamis (8/2/2024) Zambia adalah produsen tembaga terbesar kedua di Afrika setelah Republik Demokratik Kongo. KoBold Metals menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau AI yang memetakan kerak Bumi untuk melacak deposit tembaga, lithium, kobalt sampai nikel.

Investornya termasuk perusahaan energi Norwegia, Equinor, grup tambang terbesar dunia BHP dan Breakthrough Energy, perusahaan ikim dan teknologi yang didirikan oleh Bill Gates pada tahun 2015. Jeff Bezos juga termasuk penyandang dana di Breakthrough Energy.

KoBold Metals mengatakan pihaknya berencana untuk mulai memproduksi tembaga di tambangnya di Zambia dalam waktu 10 tahun, sebuah proyek yang dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi negara Afrika tersebut. "Apa yang mereka temukan cukup fenomenal," kata Jito Kayumba, asisten khusus presiden Zambia bidang ekonomi, investasi dan pembangunan.



Simak Video "Jeff Bezos Bakal Jual 50 Juta Saham Miliknya di Amazon"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)
back to top