• Home
  • Berita
  • Awas! Pemilik Tesla Dilarang Nyetir Sambil Pakai Headset Vision Pro

Awas! Pemilik Tesla Dilarang Nyetir Sambil Pakai Headset Vision Pro

Redaksi
Feb 08, 2024
Awas! Pemilik Tesla Dilarang Nyetir Sambil Pakai Headset Vision Pro
Jakarta -

Video yang memperlihatkan pemilik Vision Pro yang mengenakan headset buatan Apple itu sambil mengendarai mobil Tesla, sempat viral di media sosial. Menteri Transportasi Amerika Serikat Pete Buttigieg langsung melarang pengguna Vision Pro lainnya melakukan hal serupa.

Dalam postingannya di Twitter/X, Buttigieg turut mengunggah cuplikan video yang memperlihatkan seseorang di balik kemudi Tesla Cybertruck sambil mengenakan headset Vision Pro. Tangannya terlihat seperti sedang mengetik dan tidak memegang kemudi.

Buttigieg mengatakan pengemudi mobil otonom tetap harus memperhatikan jalanan saat menyetir. Apalagi sistem bantuan pengemudi Tesla -- Autopilot, Enhanced Autopilot, dan Full Self-Driving -- bukan sistem yang benar-benar otonom.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pengingat--SEMUA sistem bantuan pengemudi yang tersedia saat ini mengharuskan pengemudi manusia untuk memegang kendali dan benar-benar fokus dalam mengemudi setiap saat," kata Buttigieg dalam cuitannya di X, seperti dikutip dari BBC, Rabu (7/2/2024).

[Gambas:Twitter]

Parahnya, sistem Autopilot di Tesla Cybertruck Founder's Edition generasi pertama belum diaktifkan. Artinya, pengendara Cybertruck itu mengendarai mobilnya tanpa bantuan apapun dan berpotensi membahayakan banyak orang.

Video lainnya yang diunggah saat Vision Pro tersedia untuk publik, menunjukkan seorang pria yang mengaku dicegat dan ditahan polisi karena mengenakan headset seharga Rp 55 juta tersebut saat mengendarai mobil Tesla.

Video itu diunggah oleh Dante Lentini di X dan sudah ditonton lebih dari 24 juta kali. Tapi kepada Gizmodo, Lentini mengaku ia hanya mengenakan headset itu sambil berkendara selama 30-40 detik.

Headset Vision Pro diluncurkan pekan lalu sebagai produk yang benar-benar baru dari Apple sejak Apple Watch. Headset ini menggabungkan konten digital dalam bentuk tiga dimensi dengan dunia di sekeliling pengguna.

Pedoman pengguna yang dirilis Apple memperingatkan pengguna untuk tidak mengenakan Vision Pro saat mengemudi atau di situasi lain yang membutuhkan perhatian lebih. Tesla juga mengharuskan pengemudi untuk selalu menjaga kendali, bahkan ketika mode otonom diaktifkan.



Simak Video "Apple Vision Pro Resmi Dijual Mulai Rp 55 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)
back to top