• Home
  • Berita
  • 5 Tanda Akan Disambar Petir, Harus Hati-hati!

5 Tanda Akan Disambar Petir, Harus Hati-hati!

Redaksi
Feb 07, 2024
5 Tanda Akan Disambar Petir, Harus Hati-hati!
Jakarta -

Di musim hujan ini, harus semakin waspada dengan bahaya petir. Petir yang menyambar bisa membahayakan keselamatan seseorang. Karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda petir akan menyambar.

Dijelaskan oleh Maine Emergency Management Agency, ada lima tanda petir akan menyambar kamu. Segera temukan tempat teraman untuk terhindar dari petir.

5 Tanda Petir Akan Menyambar

  1. Rambut kamu tiba-tiba berdiri tegak, ini terjadi saat muatan dari tanah melonjak ke atas kepala kamu
  2. Kamu mendengar suara gertakan atau retakan yang khas. Pelepasan listrik statis dalam jumlah kecil dapat terjadi di area di mana petir akan menyambar
  3. Kamu mengalami sensasi kesemutan. Ini disebabkan muatan listrik sedang bergerak ke seluruh tubuh
  4. Tiba-tiba terjadi peningkatan listrik statis pada perangkat elektronik portabel. Muatan listrik mungkin bergerak melalui perangkat
  5. Tercium bau terbakar yang tidak normal di udara. Pelepasan listrik statis di udara mengeluarkan bau yang tidak biasa.

"Jika melihat salah satu dari tanda-tanda ini, berarti petir akan menyambar kamu atau di suatu tempat yang sangat dekat dengan kamu. Sangat penting bagi kamu untuk membuat rencana ke depan untuk menghindari situasi ini. Kamu bisa terbunuh kapan saja," jelas situs tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, bagaimana jika kamu melihat orang yang tersambar petir? Langkah yang harus dilakukan adalah segera menelepon rumah sakit untuk memberikan pertolongan segera.

"Korban sambaran tidak membawa muatan listrik, aman untuk disentuh, dan mungkin memerlukan perhatian medis segera. Henti jantung adalah penyebab langsung kematian bagi mereka yang meninggal. Beberapa kematian dapat dicegah dengan pertolongan pertama yang tepat," tulisnya.

Karena itu disarankan bagi mereka yang berada di luar ruangan untuk memantau kondisi cuaca. Jika mendengar guntur, disarankan untuk segera masuk ke dalam gedung.

Jika bangunan besar tidak tersedia, masuklah ke dalam kendaraan beratap keras. Penting untuk memastikan bahwa kamu sepenuhnya berada di dalam kendaraan dengan jendela tertutup. Ban karet tidak mencegah kendaraan tersambar.



Simak Video "12 Petani Tersambar Petir di Jembrana, 1 Orang Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)
back to top