• Home
  • Berita
  • Benda Mirip Telur Emas Ditemukan di Dasar Laut Alaska

Benda Mirip Telur Emas Ditemukan di Dasar Laut Alaska

Redaksi
Jul 09, 2024
Benda Mirip Telur Emas Ditemukan di Dasar Laut Alaska
Jakarta -

Para peneliti dibuat bingung dengan temuan benda berwarna emas mirip telur di dasar laut lepas pantai Alaska. Benda berkilau itu halus saat disentuh, seperti jaringan kulit.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menyebutkan, para ahli tidak yakin apa sebenarnya benda itu. Mereka menduga benda itu mungkin sisa-sisa cangkang telur atau spons laut.

"Sesuatu mencoba masuk atau keluar dari benda ini," kata seorang peneliti saat siaran langsung penemuan benda tersebut, dikutip dari Daily Mail, Selasa (9/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

'Telur' itu ditemukan di kedalaman sekitar 3.000 meter selama ekspedisi yang dipimpin oleh NOAA dan disiarkan secara online. NOAA memposting foto tersebut ke Twitter (sekarang X) dan menyebutnya bola emas. Mereka mengatakan, kemungkinan besar benda itu adalah cangkang telur.

NOAA mengerahkan lengan robot yang dioperasikan dari jarak jauh untuk 'menggelitik' objek tersebut dan mengeluarkannya dari batunya.

ADVERTISEMENT
Foto: NOAA

Makhluk tersebut kemudian disedot ke dalam tabung untuk membawanya ke pantai untuk dilakukan tes DNA di laboratorium. Hasil tes DNA nantinya diharapkan dapat mengungkap lebih banyak tentang makhluk tersebut.

Para ahli masih ragu-ragu mengenai apa yang menyebabkan lubang menganga di bagian depan benda itu. Namun bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh pertengkaran dengan makhluk laut lain.

Foto: NOAA

Mengingat dua pertiga kehidupan di lautan dalam masih banyak yang tidak diketahui, temuan 'telur emas' ini dapat mengungkap pengetahuan baru yang menarik.

Kerry Howell, seorang profesor ekologi laut dalam di Plymouth University, sepakat bahwa objek tersebut aneh dan misterius.

"Selama 20 tahun menjelajahi laut dalam, saya belum pernah melihat yang seperti ini. Selalu menarik untuk melihat hal-hal baru dan saya akan menunggu analisis sampel untuk memahami apa sebenarnya benda itu," ujarnya.

"Ada banyak spesies yang belum ditemukan di laut dalam sehingga hal ini dapat dengan mudah dikaitkan dengan spesies baru," tambahnya.



Houthi Klaim Serang Kapal Tutor di Laut Merah

Houthi Klaim Serang Kapal Tutor di Laut Merah


(rns/fay)
back to top