• Home
  • Berita
  • Apa Itu Truth Social? Pelarian Pengguna Twitter Usai Dibatasi Elon Musk

Apa Itu Truth Social? Pelarian Pengguna Twitter Usai Dibatasi Elon Musk

Redaksi
Jul 03, 2023
Apa Itu Truth Social? Pelarian Pengguna Twitter Usai Dibatasi Elon Musk
Jakarta -

Elon Musk sepertinya harus memakan pil pahit karena kebijakan barunya. Alih-alih didukung, pengguna ramai hijrah ke Truth Social yang jadi kompetitor Twitter.

Seperti diketahui, Elon Musk mengeluarkan titah baru yang memberlakukan pembatasan jumlah tweet harian yang dapat dibaca pengguna. Langkah ini dijalankan lantaran besarnya data yang diambil (scraping) dari Twitter, juga tingginya manipulasi sistem yang terjadi.

"Kami menemukan adanya pengambilan data yang sangat besar sampai menurunkan kualitas layanan untuk pengguna biasa," kata Elon Musk, yang juga menyebut kalau ini hanyalah langkah sementara.

Elon Musk menyebut pengguna tak terverifikasi alias gratisan hanya bisa membaca 600 kicauan per hari. Sementara pengguna baru tak terverifikasi hanya bisa membaca 300 kicauan.

Jika ingin bisa scroll tweet lebih banyak harus berlangganan Twitter Blue. Musk mengatakan akun terverifikasi pada awalnya dibatasi untuk membaca 6.000 posting sehari selanjutnya meningkat 10.000.

Setelah kebijakan tersebut keluar, ramai warganet menyuarakan Goodbye Twitter sembari memamerkan screenshot akun Truth Social yang jadi rumah baru bagi mereka untuk berkicau. Saking ramainya yang mengakses, akses media sosial milik Donald Trump ini sempat tumbang seperti terpantau di situs DownDetector.

Apa itu Truth Social?

Truth Social adalah sebuah platform media sosial yang dibuat oleh mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada tahun 2022. Platform ini diklaim sebagai tempat untuk berdiskusi secara terbuka, bebas, dan jujur tanpa membeda-bedakan ideologi politik.

Truth Social yang dikembangkan oleh oleh The Trump Media & Technology Group (TMTG) memiliki beberapa fitur yang mirip dengan Twitter, seperti Truth Feed yang menampilkan postingan pengguna, ReTruth yang memungkinkan pengguna untuk berbagi unggahan orang lain.

Selain itu ada direct message yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara pribadi. Dan tentu saja verifikasi pengguna yang memberikan tanda khusus untuk akun tertentu.

Truth Social awalnya tersedia di AS melalui App Store untuk perangkat iOS. Namun, TMTG sudah menghadirkan layanan Truth Social ke negara lain. Aplikasi Truth Social kini dapat didownload di Play Store dan Galaxy Store.

Cara Membuat Akun di Truth Social

Untuk mendaftar di Truth Social, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka situs truthsocial.com di browser web.
  • Klik Create an Account.
  • Masukkan tanggal lahir ( harus berusia minimal 18 tahun).
  • Masukkan alamat email yang Anda miliki. Buka kotak masuk email. Kamu akan menerima email konfirmasi dari noreply@truthsocial.com dengan tautan untuk memverifikasi email . Klik pada "confirm email address" di email kamu dan lanjutkan dengan langkah selanjutnya dalam pembuatan akun.
  • Masukkan nomor ponsel. Kamu akan menerima pesan teks berisi kode 6 digit yang harus dimasukkan di halaman berikutnya.
  • Buat kata sandi.
  • Buat nama pengguna Truth. Nama pengguna tidak boleh sama dengan alamat email.
  • Selamat! Anda telah membuat akun Truth. Silakan lanjutkan untuk mengatur nama tampilan, foto profil dan cover.



Simak Video "Twitter Kamu Kena 'Rate Limit Exceeded'? Begini Kata Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)
back to top