• Home
  • Berita
  • Apa Itu Strava, Fitur dan Cara Posting Foto Lari di Instagram

Apa Itu Strava, Fitur dan Cara Posting Foto Lari di Instagram

Redaksi
Jul 05, 2024
Apa Itu Strava, Fitur dan Cara Posting Foto Lari di Instagram
Daftar Isi
  • Apa Itu Strava
  • Fungsi Strava
  • Pelacakan Aktivitas Analisis Performa Komunitas Sosial Challenges dan Segmen Keamanan
  • Cara Menggunakan Strava
  • 1. Unduh dan Instal Aplikasi 2. Buat Akun 3. Mulai Melacak Aktivitas 4. Analisis Aktivitas 5. Berbagi dan Terhubung dengan Komunitas 6. Ikut Tantangan dan Segmen
  • Cara Posting Foto Lari Strava di Instagram
  • Tambahkan Foto ke Aktivitas di Strava Bagikan Aktivitas di Strava di Instagram
Jakarta -

Strava tengah jadi perbincangan hangat di media sosial. Bukan karena aplikasi ini bermasalah, tapi muncul fenomena Joki Strava.

Joki Strava adalah seseorang yang memberikan jasa untuk menggantikan orang lain dalam menjalankan aktivitas olahraga di aplikasi Strava. Mereka menggunakan akun dari pemohon jasa untuk merekam hasil olahraga, sehingga pemilik akun dapat memperoleh pencapaian tanpa harus melakukannya secara langsung.

Tidak dipungkiri bagi beberapa orang postingan hasil Strava dianggap sebagai cara mendapatkan validasi. Padahal hasil olahraga seharusnya merefleksikan stamina dan usaha pribadi kita sendiri!

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apa Itu Strava

Gegara fenomena joki ini, banyak orang-orang di medsos bertanya apa itu strava. Nah Strava adalah sebuah aplikasi yang populer di kalangan penggemar lari dan olahraga lainnya, seperti bersepeda dan berenang.

Aplikasi Strava tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk melacak aktivitas fisik, tetapi juga menjadi platform sosial yang menghubungkan para penggunanya di seluruh dunia.

ADVERTISEMENT

Strava, yang berarti "berusaha" dalam bahasa Swedia, didirikan pada tahun 2009 oleh Michael Horvath dan Mark Gainey. Aplikasi ini dirancang untuk membantu para atlet, baik amatir maupun profesional, untuk melacak dan menganalisis performa mereka. Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk merekam rute, jarak, kecepatan, dan data lainnya yang terkait dengan aktivitas fisik mereka.

Strava terkenal karena interfacenya yang intuitif dan kemampuannya untuk mengintegrasikan berbagai perangkat GPS, seperti jam tangan pintar dan perangkat pelacak kebugaran. Aplikasi ini tersedia secara gratis, tetapi juga menawarkan versi berlangganan yang memberikan fitur tambahan seperti analisis lanjutan dan rencana latihan.

Strava bisa dipasang di smartwatch Foto: Strava

Fungsi Strava

Strava menawarkan berbagai fungsi yang bermanfaat bagi para penggemar olahraga, terutama lari. Beberapa fungsi utamanya adalah:

  • Pelacakan Aktivitas

Strava memungkinkan pengguna untuk melacak berbagai aktivitas fisik seperti lari, bersepeda, berenang, dan banyak lagi. Dengan menggunakan GPS, aplikasi ini merekam rute yang ditempuh, jarak, kecepatan, serta elevasi. Data ini kemudian bisa dianalisis untuk melihat progres dan kinerja pengguna dari waktu ke waktu.

  • Analisis Performa

Strava menyediakan alat analisis yang canggih untuk membantu pengguna memahami performa mereka. Misalnya, pengguna dapat melihat grafik yang menunjukkan kecepatan mereka pada setiap titik di rute yang mereka lalui, serta mengetahui waktu yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan segmen tertentu.

  • Komunitas Sosial

Strava juga berfungsi sebagai platform sosial di mana pengguna dapat berbagi aktivitas mereka, memberi dan menerima dukungan, serta bersaing dengan teman-teman mereka. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk saling mengikuti, memberikan kudos (sejenis "like"), dan berkomentar pada aktivitas yang dibagikan.

  • Challenges dan Segmen

Pengguna Strava dapat mengikuti tantangan yang diadakan oleh komunitas Strava atau oleh merek tertentu. Tantangan ini sering kali memberikan insentif seperti medali virtual atau hadiah fisik untuk mencapai target tertentu. Selain itu, Strava juga memiliki fitur segmen, di mana pengguna dapat melihat siapa yang tercepat dalam rute tertentu dan berusaha untuk memecahkan rekor tersebut.

  • Keamanan

Strava menawarkan fitur yang membantu meningkatkan keamanan pengguna, seperti berbagi lokasi secara real-time dengan kontak terpercaya dan menyembunyikan rute di sekitar rumah atau tempat kerja untuk melindungi privasi pengguna.

Aplikasi Strava Foto: Strava

Cara Menggunakan Strava

Menggunakan Strava sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkah dasar untuk memulai:

1. Unduh dan Instal Aplikasi

Strava tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Unduh aplikasi ini dan pasang di perangkat kamu.

2. Buat Akun

Setelah menginstal aplikasi, buat akun baru atau masuk dengan akun Google atau Facebook kamu.

3. Mulai Melacak Aktivitas

Untuk memulai, pilih aktivitas yang ingin kamu lakukan, misalnya lari, dan tekan tombol "Start". Strava akan mulai merekam aktivitas menggunakan GPS di ponsel. Setelah selesai, tekan "Finish" dan aktivitas kamu akan disimpan.

4. Analisis Aktivitas

Setelah aktivitas Anda selesai dan disimpan, kamu bisa melihat data lengkapnya seperti rute, jarak, kecepatan, dan waktu. Kamu juga bisa melihat grafik dan peta yang menunjukkan rute.

5. Berbagi dan Terhubung dengan Komunitas

Kamu bisa membagikan aktivitas Anda ke feed Strava, di mana teman-teman bisa memberikan kudos dan komentar. Kamu juga bisa mengikuti pengguna lain untuk melihat aktivitas mereka dan berpartisipasi dalam tantangan yang ada.

6. Ikut Tantangan dan Segmen

Cari tantangan atau segmen yang menarik bagi kamu dan coba untuk berpartisipasi. Ini bisa menjadi motivasi tambahan untuk meningkatkan performa.

Cara membagikan foto lari Strava di Instagram Foto: undefined

Cara Posting Foto Lari Strava di Instagram

Kita bisa membagikan pencapaian olahraga di Strava ke media sosial, seperti Instagram. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Tambahkan Foto ke Aktivitas di Strava

  • Buka aktivitas yang telah kamu simpan di Strava.
  • Ketuk ikon kamera atau opsi "Add Photos" yang tersedia di layar aktivitas.
  • Pilih foto yang ingin kamu tambahkan dari galeri ponsel atau ambil foto baru langsung dari aplikasi.
  • Tambahkan deskripsi atau komentar pada foto jika diperlukan.
  • Bila sudah tinggal simpan.

Bagikan Aktivitas di Strava di Instagram

  • Ketuk tombol "Share" yang biasanya berbentuk ikon panah atau opsi "Share" di layar aktivitas.
  • Pilih media sosial yang ingin kamu gunakan, dalam hal ini, Instagram.
  • Kamu akan diarahkan ke aplikasi Instagram dengan gambar dan data aktivitas yang sudah terisi di kolom deskripsi.



Rumor Produk Baru Samsung yang Bakal Dirilis di Galaxy Unpacked 10 Juli

Rumor Produk Baru Samsung yang Bakal Dirilis di Galaxy Unpacked 10 Juli


(afr/afr)
back to top