• Home
  • Berita
  • Apa Itu Ahli Gemologi Seperti di Film Septembers of Shiraz

Apa Itu Ahli Gemologi Seperti di Film Septembers of Shiraz

Redaksi
Sep 24, 2023
Apa Itu Ahli Gemologi Seperti di Film Septembers of Shiraz
Jakarta -

Lagi trending film Septembers of Shiraz, setelah tayang di Bioskop Trans TV pada Sabtu, 23 September 2023. Film genre drama ini dibintangi beberapa artis ternama antara lain Adrien Brody, Salma Hayek, Shohreh Aghdashloo, Anthony Azizi, Bashar Rahal, dan Alon Aboutboul.

Yang menarik, film Septembers of Shiraz berdasarkan kisah nyata yang menceritakan keluarga Yahudi sekuler yang hidupnya jadi terbalik setelah Revolusi Iran 1979. Isaac Amin, seorang ahli gemologi yang kaya, ditangkap sewaktu berada di kantornya. Pengawal Revolusi yang membawanya ke penjara. Kala itu merupakan bulan-bulan pertama setelah Revolusi Iran 1979.

Karena peran Isaac Amin, banyak orang yang penasaran tentang ahli gemologi. Sebenarnya, apa itu ahli gemologi?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melansir International Gem Society, gemologi adalah ilmu sains yang membahas soal batu permata alami dan buatan. Gemologi dianggap sebagai ilmu bumi dan cabang dari mineralogi. Orang yang melakoni pekerjaan ini disebut dengan gemologist atau ahli gemologi.

Meskipun ilmuwan dengan gelar di bidang geologi, kimia, dan bahkan fisika merupakan kelompok terkecil ahli permata, mereka punya peranan yang berpengaruh. Selama berabad-abad, para ahli gemologi dipercaya sebagai yang terbaik dalam mengenali perbedaan permata yang punya penampilan serupa. Para ilmuwan terus menambah pengetahuan ini dengan mengembangkan teknik pengujian baru dan meneliti batu permata yang ditemukan di alam, kemudian disintesis di laboratorium.

Identifikasi permata adalah jantung dari gemologi. Misalnya, beberapa batu rubi dan garnet tidak mungkin dibedakan berdasarkan penampilannya, namun sifat fisiknya sangat berbeda. Kristalografi rubi dan garnet sangat bervariasi. Meskipun bentuk yang terlihat dari masing-masing batu mungkin berbeda-beda, struktur kristal permata ini pada tingkat atomnya berbeda-beda. Garnet terbentuk dalam sistem isometrik atau kubik, sedangkan rubi terbentuk dalam sistem heksagonal.

Di Indonesia, ahli gemologi termasuk profesi yang langka. Di tahun 2015, jumlah gemologist dikatakan bisa dihitung dengan jari. Salah satu yang terkenal adalah mendiang Mahardi Paramita yang telah berpulang pada tahun 2009.



Simak Video "Penampakan Antrean Pembeli iPhone 15 di Dubai Rusuh"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)
back to top