Alasan Kenapa Pakai TV Layar Besar

Redaksi
Dec 18, 2023
Alasan Kenapa Pakai TV Layar Besar
Jakarta -

Smart TV makin menjadi pilihan masyarakat karena bisa menikmati beragam konten hiburan dari rumah. Namun, konsumen kini disarankan memilih ukuran yang lebih besar, kenapa?

Ubay Bayanudin, Head of Product AV Business Samsung Electronics Indonesia, mengatakan ada dua alasan pakai Smart TV layar besar. Pertama, smart TV layar besar memberikan pengalaman yang lebih baik saat menikmati hiburan.

"Misalkan kita nonton pertandingan di TV berukuran 98 inch seolah kita berada di box VIP stadium. Atau pas nonton film, kita serasa di studio bioskop. Apa lagi untuk main game, TV layar besar memungkinkan kita mabar rame-rame sama teman-teman," ujar Ubay mencontohkan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Alasan kedua, Smart TV layar besar biasanya memiliki resolusi yang tinggi. Dengan 8 juta pixel di 4K dan 33 juta pixel di 8K akan menghadirkan gambar dengan tingkat kepadatan piksel yang tinggi sehingga membuat gambar terlihat tajam dan jernih.

Ubay tak menampik banyak masyarakat yang ragu mengadopsi layar resolusi tinggi karena minim konten yang mendukung. Padahal saat ini sudah ada fitur AI Upscalling yang membuat konten resolusi rendah ditampilkan dengan tingkat kualitas setara 4K maupun 8K.

Selain itu Smart TV layar besar dikhawatirkan berat dan tebal sehingga menyulitkan penempatannya. Tapi seiring berkembangnya teknologi, jajaran televisi premium punya bodi tipis dengan bobot yang tergolong ringan di kelasnya.

Samsung Smart TV Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

"Ada TV OLED Samsung berukuran 77 inch punya bobot hanya 18 kilogram dengan tebal tak sampai 2 cm. Jadi Smart TV layar besar sekarang tidak lagi bulky dan susah untuk ditempatkan sebagai interior di rumah," papar Ubai saat acara hands-on jajaran televisi anyar Samsung dan FreeStyle 2.0 di Museum Macan, Jakarta.

Saat ini Samsung sudah merilis sejumlah Smart TV layar besar ke pasaran Indonesia. Paling baru adalah Neo QLED 8K TV QN900C yang memiliki layar 85 inch. Ada pula Q80C 98 inch yang merupakan TV QLED 4K terbesar dari Samsung saat ini serta OLED TV S90C yang berukuran 77 inch.

"Jajaran televisi terbaru Samsung sudah tersedia di pasaran. Harganya mulai dari Rp 70 jutaan," ungkap Ubay.



Simak Video "Perbedaan Android TV dan Smart TV"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/rns)
back to top