• Home
  • Berita
  • 7 Perbedaan Android TV dan Smart TV, Sudah Tahu?

7 Perbedaan Android TV dan Smart TV, Sudah Tahu?

Redaksi
Oct 04, 2023
7 Perbedaan Android TV dan Smart TV, Sudah Tahu?
Daftar Isi
  • Pengertian Android TV dan Smart TV
  • Android TV Smart TV
  • Perbedaan Smart TV dengan Android TV
  • 1. Dukungan Aplikasi 2. Sistem Operasi 3. Transmisi Layar 4. Update Otomatis 5. Asisten Suara 6. Performa 7. Navigasi
Jakarta -

Bagi detikers yang berniat untuk membeli TV modern, saat ini Android TV dan Smart TV bisa jadi pilihannya. Pasalnya ada berbagai fitur eksklusif yang ditawarkan.

Namun, ternyata masih banyak yang belum mengetahui perbedaan antara keduanya. Untuk itu, simak pengertian dan perbedaan Smart TV dengan Android TV berikut ini.

Pengertian Android TV dan Smart TV

Sebelum membahas mengenai perbedaan Android TV dan Smart TV, ketahui dulu pengertian dua jenis TV modern ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Android TV

Dikutip laman Tata Capital, Android TV adalah jenis smart TV yang punya fitur seperti aplikasi bawaan dan konektivitas internet.

Dalam hal ini, android TV merupakan peningkatan dari Smart TV konvensional. Android TV berjalan dari sistem operasi Android yang didukung oleh Google dan akses ke Google Play Store.

Smart TV

Smart TV disebut juga TV internet, karena memiliki fitur dan program tambahan dari adanya konektivitas internet secara nirkabel atau melalui kabel ethernet.

Hal itu dilakukan agar TV bisa mengakses konten online. Smart TV muncul dengan sistem operasi yang mirip dengan apa yang gunakan di Smartphone dan PC.

Namun sistem operasi yang digunakan pada Smart TV tidak dapat diupgrade sehingga tidak dapat mengakses aplikasi terbaru.

Perbedaan Smart TV dengan Android TV

Meskipun keduanya memungkinkan penggunanya untuk melakukan streaming konten online, tapi masih banyak perbedaan antara Smart TV dan Android TV. Perbedaaan antara Smart TV dengan Android TV, antara lain:

1. Dukungan Aplikasi

Meskipun keduanya mendukung berbagai aplikasi bawaan, namun dalam hal dukungan aplikasi, Android TV jelas lebih unggul.

Android TV memiliki dukungan ke Play Store di Android TV, mulai dari Netflix, YouTube, Instagram hingga Amazon Prime Video yang bisa diunduh layaknya mengunduh aplikasi di smartphone.

Sedangkan, Smart TV tidak memiliki keunggulan fitur itu, karena hanya memiliki akses ke beberapa aplikasi bawaan yang populer saja. Selain itu, Smart TV dalam segi pembaruan sulit untuk didapat.

2. Sistem Operasi

Perbedaan antara Android TV dan Smart TV yaitu ada di sistem operasinya. Dukungan sistem operasi Smart TV akan didukung tergantung pada merek-nya.

Contoh, TV LG menggunakan OS bernama WebOS, sedangkan Samsung Smart TV dengan OS bernama Tizen.

Sementara, Android TV sistem operasinya dikembangkan oleh Google, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan pengalaman keseluruhan untuk mengontrol TV dengan Smartphone Android atau Smartwatch.

3. Transmisi Layar

Baik Android dan Smart TV, keduanya menawarkan opsi transmisi layar untuk mencerminkan layar smartphone ke TV.

Tapi, screen casting di Android TV lebih mudah digunakan karena punya fitur chromecast yang membuat gambar dan streaming video bisa jernih dengan definisi tinggi.

Sedangkan, fitur pencerminan layar bawaan di Smart TV biasanya agak repot karena perlu memasangkan dan menyambungkan perangkat.

4. Update Otomatis

Umumnya, Android TV hadir dengan pengembangan teknologi yang aktif dan pembaruan terkini. Ketika terhubung ke internet, pengguna juga bisa menikmati pembaruan otomatis.

Sedangkan pada Smart TV, pengguna mungkin tidak sering mendapatkan pembaruan, dan OS TV akan menjadi usang setelah beberapa tahun.

5. Asisten Suara

Perbedaan yang terdapat antara Android dan Smart TV lainnya yaitu fitur asisten suara. Asisten suara Google di Android TV akan membuatnya terlihat baik dari pesaingnya.

Pasalnya, Android TV tidak perlu menggunakan perangkat input karena dengan kontrol suara, pengguna bisa beralih antar saluran dan mencari konten favorit secara online.

Walaupun Smart TV juga mendukung kontrol suara, namun pengguna harus mengeluarkan sejumlah uang ekstra untuk memasangkannya.

6. Performa

Dari segi performa, Android TV cenderung memiliki kinerja yang lambat terutama setelah beberapa tahun digunakan. Sedangkan, Smart TV memiliki kinerja yang lebih cepat karena lebih dioptimalkan antara hardware dan software.

7. Navigasi

Dalam hal kemudahan pengalaman, Smart TV bisa jadi pilihan dalam navigasi. Smart TV memiliki fitur antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna, terlebih saat beralih antar aplikasi saat muncul di layar beranda.

Sementara, Android TV mungkin sulit dinavigasi, apalagi bagi mereka yang belum terbiasa dengan ekosistem Android.

Itu tadi beberapa perbedaan utama antara Android dan Smart TV, mulai dari sistem operasi, aplikasi, pembuatan, hingga performanya. Semoga poin di atas bisa mempermudah detikers dalam memilih TV yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan ya.



Simak Video "Mengenal LG StandbyMe Go, Smart TV yang Bisa Dibawa Kemanapun"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/inf)
back to top