• Home
  • Berita
  • 5 Tips Jualan Online untuk Dongkrak Transaksi Usai Momen Lebaran

5 Tips Jualan Online untuk Dongkrak Transaksi Usai Momen Lebaran

Redaksi
May 08, 2023
5 Tips Jualan Online untuk Dongkrak Transaksi Usai Momen Lebaran
Jakarta -

Bulan Ramadan dan Lebaran menjadi momen spesial bagi para pebisnis dan pelaku UMKM. Pasalnya, tak sedikit dari mereka yang mengalami lonjakan pesanan yang signifikan selama Ramadan dan Lebaran.

Namun, usai Ramadan dan Lebaran, pelaku usaha cenderung menghadapi tantangan untuk mempertahankan atau menaikkan penjualan di periode pasca Lebaran. Untuk itu, penting bagi pelaku usaha untuk bisa memaksimalkan strategi bisnis.

"Pasca Lebaran bisa dibilang menjadi babak baru bagi para pelaku usaha. Ini merupakan momen bagi pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM, untuk memaksimalkan strategi penjualan agar dapat mempertahankan bahkan meningkatkan transaksi," ujar Growth Marketing Senior Lead Tokopedia Maisyalina Agustina dalam keterangan tertulis, Senin (8/5/2023).

Agar para pelaku usaha bisa menjaga eksistensi bisnis, Maisyalina membagikan lima tips bisnis online untuk mendongkrak penjualan setelah Lebaran. Berikut caranya.

1. Evaluasi terhadap Produk yang Dijual

Melakukan evaluasi produk menjadi hal penting bagi para pelaku usaha. Maisyalina mengatakan di Tokopedia, pelaku usaha dapat memanfaatkan fitur Analisis Wawasan Produk untuk menganalisa produk mereka.

"Pasca Lebaran adalah saat yang cocok untuk melakukan evaluasi terhadap produk-produk yang dijual. Para pelaku usaha bisa menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk di aplikasi Tokopedia Seller untuk memantau kinerja produk dan mencantumkan informasi yang dibutuhkan agar meningkatkan minat pembeli terhadap produk yang dijual," jelas Maisyalina.

2. Cari Tahu Produk Terlaris di Tokopedia

Di samping evaluasi, Maisyalina mengingatkan pentingnya mempelajari pasar dan minat pembeli. Melalui fitur Wawasan Pasar di Tokopedia, Maisyalina mengatakan pelaku usaha bisa menghasilkan strategi baru untuk bisnis mereka dengan mengacu pada kategori produk terlaris.

Maisyalina menjelaskan pada kuartal I 2023, kategori Rumah Tangga, Elektronik, Makanan dan Minuman, Fesyen serta Kesehatan menjadi beberapa kategori terlaris di Tokopedia.

"Pelaku usaha bisa menggunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar secara mendalam, seperti produk terlaris dan kata kunci populer berdasarkan wilayah dan kategori," kata Maisyalina.

"Sesudah mendapatkan ide bisnis setelah lebaran, pelaku usaha bisa memanfaatkan fitur Rilisan Spesial untuk memberikan kesan eksklusif dan menarik minat pembeli pada produk atau koleksi yang akan diluncurkan," tambahnya.

3. Perhatikan Momentum dan Buat Promo Menarik

Untuk memaksimalkan penjualan, penting bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan momentum tertentu seperti momen Harbolnas, hari raya, dan lainnya.

"Tokopedia saat ini sudah bisa diakses oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia; potensi yang sangat besar untuk digarap oleh para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal. Strategi promosi yang tepat, diiringi dengan momentum yang pas, dapat membantu penjual di Tokopedia menjangkau lebih banyak pembeli dan memperkuat posisi di pasar," jelas Maisyalina.

"Pelaku usaha bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada di Tokopedia, seperti Bebas Ongkir, Flash Sale Toko dan Diskon Toko. Jumlah penjual di Tokopedia pada Ramadan 2023 yang menggunakan fitur-fitur ini tercatat mengalami peningkatan hingga 3x lipat dibandingkan periode Ramadan 2022," sambungnya.

Pelaku usaha juga disarankan berpartisipasi dalam sejumlah kampanye rutin, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest (kategori Kecantikan, Fesyen dan Rumah Tangga), Tokopedia NYAM (kategori Makanan dan Minuman) agar toko dan produk lebih mudah ditemukan pembeli.

4. Percantik Tampilan Halaman Toko dan Produk

Maisyalina mengatakan tampilan toko yang menarik dapat meningkatkan minat pembeli untuk menjelajah halaman toko lebih jauh. Selain itu, pastikan untuk memperbarui foto produk agar lebih menarik dan pastikan foto tersebut tidak melanggar ketentuan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk meningkatkan kepercayaan pembeli pada toko.

"Penjual bisa mempercantik tampilan halaman toko dengan fitur Dekorasi Toko di Tokopedia yang telah menyediakan template khusus dan sudah didesain sesuai dengan fungsi dan kebutuhan setiap kategori penjual. Misalnya, template untuk toko penjual makanan dan minuman akan berbeda dengan penjualan elektronik atau fesyen," papar Maisyalina.

Foto: Template pada Fitur Dekorasi Toko (Tokopedia)

5. Gunakan Tokopedia Marketing Solutions

Maisyalina menambahkan pelaku usaha juga bisa memanfaatkan beragam kanal promosi yang ditawarkan oleh Tokopedia Marketing Solutions. Salah satunya dengan menggunakan banner promosi di lokasi premium (Homepage Banner) dan banner di lokasi strategis lainnya (Dynamic Channel).

Dengan Tokopedia Marketing Solutions, kata Maisyalina, pelaku usaha dapat melakukan promosi di halaman pencarian, misalnya dengan fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian (TopAds), menggunakan banner promosi yang tampil di touchpoint konsumen (Tokopedia Display Network), serta menampilkan produk sebagai pencarian populer (Popular Search).

Ada pula iklan di halaman notifikasi dan pesan (termasuk Broadcast Chat), serta memaksimalkan iklan media sosial menggunakan fitur penargetan (Marketing Services).

Penjualan ESQA dan SAFF & Co Melesat dengan Tokopedia Marketing Solutions

Tokopedia Marketing Solutions turut membantu memaksimalkan pemasaran para pelaku usaha di Tokopedia. Salah satunya ESQA, brand kosmetik vegan pertama di Indonesia, yang telah memanfaatkan TopAds, Broadcast Chat, Notification Ads hingga Tokopedia Display Network.

CEO & Co-Founder ESQA, Cindy Angelina mengatakan dengan memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions, pihaknya mampu meningkatkan pesanan sebesar 59% dan pendapatan hingga 146%.

"ESQA didirikan untuk menginspirasi wanita mencapai potensi maksimal, maka kami bekerja sama dengan berbagai mitra seperti Tokopedia dengan Marketing Solutions-nya untuk menginspirasi lebih banyak wanita Indonesia. Tokopedia Marketing Solutions melengkapi expertise di bidang periklanan dengan kemampuan eksekusi meyakinkan. Hal ini memungkinkan ESQA fokus pada pengembangan produk dan strategi jangka panjang," ungkapnya.

Di sisi lain, SAFF & Co, juga meraih kesuksesan setelah memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions. Pada peluncuran eksklusif koleksi produk OSTARA, SAFF & Co mendapatkan dukungan optimasi iklan melalui fitur TopAds.

Co-Founder SAFF & Co, Santi Tan mengatakan pihaknya mampu meningkatkan pendapatan sebesar 178% dan penjualan sebesar 218%.

"SAFF & Co terus berinovasi dan berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berubah. Melalui Tokopedia Marketing Solutions, kami mampu meningkatkan efektivitas pemasaran kami, sehingga kami dapat menawarkan produk kepada orang yang tepat, dengan penawaran yang tepat dan pada waktu yang tepat," pungkasnya.

(fhs/ega)
back to top