• Home
  • Berita
  • 5 Produk Apple yang Dimatikan Setelah iPhone 15 Datang

5 Produk Apple yang Dimatikan Setelah iPhone 15 Datang

Redaksi
Sep 18, 2023
5 Produk Apple yang Dimatikan Setelah iPhone 15 Datang
Jakarta -

Apple baru saja menggelar event peluncuran terbesarnya tahun ini. Total ada tujuh perangkat baru yang diumumkan yaitu iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, Apple Watch Series 9, Apple Watch Ultra 2, dan AirPods Pro dengan port USB-C.

Di tengah banyaknya produk baru yang diluncurkan Apple, ada juga sejumlah produk yang dimatikan. Produk ini ada yang dimatikan karena permintaan yang rendah (iPhone mini), dan ada juga yang tidak sesuai dengan nilai perusahaan Apple (aksesoris kulit).

Berikut lima produk Apple yang di-discontinue setelah peluncuran iPhone 15 series, seperti dikutip dari Independent, Minggu (17/9/2023):

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

iPhone mini

Pada tahun 2020, Apple pertama kali merilis ponsel berukuran mini yaitu iPhone 12 mini. Setahun kemudian, mereka meluncurkan penerusnya yaitu iPhone 13 mini.

Tapi saat peluncuran iPhone 14 series, Apple tidak melanjutkan varian mini dan menggantikannya dengan iPhone 14 Plus. iPhone 13 mini masih bertahan di lini ponsel yang dijual Apple, sampai event peluncuran iPhone 15. Kini iPhone 13 mini tidak lagi dijual oleh Apple dan sepertinya tidak akan memiliki penerus.

Selain iPhone 13 mini, Apple juga menghilangkan iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max, dan iPhone 12 dari lini ponsel yang mereka jual setelah kedatangan iPhone 15 series.

Port Lightning dan aksesorisnya

Kehadiran iPhone 15 series membawa kejutan terbesar yaitu digantikannya port Lightning dengan USB-C. Setelah lebih dari satu dekade, Apple akhirnya mengikuti vendor ponsel lainnya dan menggunakan USB-C di iPhone setelah dipaksa oleh aturan baru Uni Eropa.

Bersamaan dengan pergantian port ini, sejumlah aksesoris Apple yang menggunakan port Lightning ikut dimatikan. Salah satunya adalah MagSafe Battery Pack dan MagSafe Duo Charger yang pertama kali dirilis bersama iPhone 12.

AirPods dengan port Lightning

iPhone 15 series bukan satu-satunya perangkat Apple yang hijrah dari port Lightning ke USB-C dalam event kemarin. AirPods Pro generasi dua juga kini hadir dengan charging case yang menggunakan port USB-C.

Selain menggunakan konektor baru, AirPods Pro 2 juga membawa dua peningkatan yaitu ketahanan casing yang ditingkatkan menjadi IP54 dan dukungan audio lossless.

Tombol mute

Mute switch yang berada di sisi kiri ponsel sudah menjadi bagian penting dari iPhone sejak generasi pertama. Tapi kini tombol ikonik itu sudah hilang, setidaknya di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Sebagai gantinya, Apple memasang 'action button' di sisi kiri iPhone 15 Pro. Tombol ini tetap bisa digunakan untuk mute notifikasi, tapi bisa diatur untuk mengaktifkan jalan pintas lainnya sesuai keinginan pengguna.

Mute switch ini masih tersedia di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Tapi Apple biasanya varian iPhone standar akan diwariskan inovasi dari varian Pro di tahun sebelumnya, jadi jangan heran jika iPhone 16 dan iPhone 16 Plus hadir dengan action button.

Aksesoris kulit

Sustainability atau keberlanjutan menjadi salah satu fokus Apple pada event peluncuran iPhone 15 kemarin. Salah satu langkah yang mereka ambil untuk menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan adalah berhenti memproduksi aksesoris dari bahan kulit.

Apple mengatakan tidak ada aksesoris baru yang terbuat dari bahan kulit, dan aksesoris yang masih ada perlahan akan dihilangkan. Sebagai gantinya, Apple merilis lini casing iPhone dan tali Apple Watch menggunakan bahan baru yang disebut FineWoven.

(vmp/vmp)
back to top