• Home
  • Berita
  • 5 Kelebihan GPT-4 Dibanding ChatGPT, Bisa Deteksi Gambar

5 Kelebihan GPT-4 Dibanding ChatGPT, Bisa Deteksi Gambar

Redaksi
Mar 23, 2023
5 Kelebihan GPT-4 Dibanding ChatGPT, Bisa Deteksi Gambar
Jakarta -

Belum lama ini OpenAI merilis artificial intelligence (AI) terbaru bertajuk GPT-4. Digadang-gadang, model anyar ini lebih pintar daripada ChatGPT sebelumnya.

Lantas apa kelebihan GPT-4 dibanding ChatGPT? Dirangkum detikINET dari berbagai sumber, Kamis (23/3/2023), ada beberapa fitur menarik yang bisa digunakan.

Penggunanya bisa menyaksikan kecanggihan program ini dalam memahami gambar, atau memproses kata delapan kali lebih banyak dari pada pendahulunya. Berikut kelebihan GPT-4 dibanding ChatGPT.

Kelebihan GPT-4 Dibanding ChatGPT

Dapat Memahami Gambar

GPT-4 merupakan model AI multimodal, yang dapat memahami teks dan media lain seperti gambar, tak seperti ChatGPT yang hanya bisa mengerti perintah dalam bentuk tulisan saja.

Penggunaan chatbot ini menjadi semakin menarik, dengan keahliannya yang dapat membuat sebuah situs dari sketsa yang diberikan pengguna, atau menyebutkan bahan-bahan makanan dari gambar yang diberikan.

Untuk lebih jelasnya, bisa simak postingan Sumanth di Twitter berikut ini.

[Gambas:Twitter]

2. Lebih Baik dalam Pemrograman

Harus diakui bahwa ChatGPT memang menunjukkan keperkasaannya sebagai programmer yang mumpuni. Tetapi kedatangan GPT-4 membawa hal tersebut ke level yang lebih tinggi.

Beberapa pengguna menjajalnya untuk membuat sebuah game sederhana seperti Snake atau Pong, dan bisa selesai dalam waktu beberapa menit saja. Ini menguntungkan bagi mereka yang bahkan tidak memiliki pengalaman dengan bahasa pemrograman.

3. Respons Lebih Aman

OpenAI menyampaikan kalau GPT-4 dapat memecahkan masalah yang sulit dengan akurasi lebih tinggi. Hal ini berkat pengetahuan umum lebih luas yang dibenamkan oleh pengembang.

Mereka menjelaskan, sebenarnya GPT-4 juga memiliki risiko yang sama seperti ChatGPT terkait hasil saran berbahaya, kode bermasalah atau informasi tak akurat. Namun kemampuan dari model baru ini sudah diperbarui.

Untuk mengatasi risiko tersebut, OpenAI melibatkan lebih dari 50 pakar pakar untuk membuatnya lebih canggih. Bahkan program terbaru ini bisa merespon perintah yang berbahaya sebesar 82% lebih besar dibanding GPT-3.5.

4. Balasan Lebih Panjang

Kelebihan GPT-4 dibanding ChatGPT lainnya terletak pada jumlah kata yang diberikan. OpenAI mengklaim bahwa chatbot ini dapat memproses hingga 25 ribu kata sekaligus.

Bila mengacu pada versi sebelumnya, maka jumlahnya itu delapan kali lebih banyak dari model GPT-3. Ia dapat memahami instruksi, permintaan, dan pertanyaan yang jauh lebih baik daripada ChatGPT.

Mereka juga mengklaim GPT-4 akan jauh lebih sulit untuk dikelabui, tidak akan sering memberikan kebohongan, dan akan menolak permintaan atau kueri tidak pantas, yang dapat membuatnya menghasilkan respons berbahaya.

5. Pemahaman Bahasa

Kelebihan GPT-4 dibanding ChatGPT selanjutnya terkait pemahaman bahasa. Mereka sudah mengujinya dalam 26 bahasa yang berbeda.

Nah dari 26 bahasa tersebut, chatbot tersebut memiliki kemampuan lebih baik dalam memahaminya. Tercatat ia unggul 24 bahasa dibandingkan versi sebelumnya.

Kurang lebih itu dia kelebihan GPT-4 dibanding ChatGPT. Bila detikers ingin menambahkan, bisa langsung sampaikan di kolom komentar di bawah.



Simak Video "Baru 2 Bulan Diluncurkan, ChatGPT Raup 100 Juta Pengguna"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/rns)
back to top