• Home
  • Berita
  • 5 Fakta Social Spy WhatsApp: Bahaya, Jangan Pernah Pakai!

5 Fakta Social Spy WhatsApp: Bahaya, Jangan Pernah Pakai!

Redaksi
Feb 15, 2024
5 Fakta Social Spy WhatsApp: Bahaya, Jangan Pernah Pakai!
Daftar Isi
  • Fakta-fakta Social Spy WhatsApp
  • 1. Klaim Sebagai Platform Mata-mata 2. Ternyata Scam dan Pencari Klik 3. Bahaya Social Spy WhatsApp 4. Bukan Virus tapi Tetap Berbahaya 5. Datang Lewat Link atau Pop-up
  • Cara Menghapus Aplikasi Scam
  • 1. Langkah Persiapan 2. Aktifkan Safe Mode 3. Hapus Aplikasi Scam 4. Hapus File Virus 5. Restart HP
Jakarta -

Platform SocialSpy atau Social Spy WhatsApp mungkin memberikan tawaran yang cukup menggiurkan karena mengklaim bisa memata-matai nomor kontak pasangan, keluarga, maupun teman, hanya dengan memasukkan nomor HP.

Namun jangan pernah menggunakan Social Spy WhatsApp karena merupakan scam. Simak artikel ini untuk mengetahui fakta-fakta mengenai bahaya menggunakan website maupun aplikasi sejenisnya, serta cara menghapus aplikasi scam yang sudah terpasang di HP.

Fakta-fakta Social Spy WhatsApp

Dilansir dari situs Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Sensors Tech Forum, berikut ini 5 fakta terkait bahaya Social Spy Whatsapp yang diklaim bisa menyadap nomor WA orang lain:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Klaim Sebagai Platform Mata-mata

Memata-matai atau menyadap WA orang lain mungkin menarik minat kita untuk menggunakan Social Spy WhatsApp. Mereka mengklaim bisa melihat isi pesan, riwayat obrolan, dan panggilan WA.

Platform ini berbasis website sehingga dianggap mudah karena tidak perlu menginstall ke HP. Kamu hanya diminta memasukkan nomor HP orang lain, lakukan verifikasi, dan program akan bekerja.

Selain website, ada sejumlah aplikasi yang menawarkan hal serupa. Biasanya aplikasi ini berbentuk apk dan tidak jelas asalnya.

2. Ternyata Scam dan Pencari Klik

Jangan percaya dengan penawaran dari Social Spy WhatsApp, karena faktanya program tersebut hanya menipu. Orang biasa terjebak dengan rasa penasaran hingga mencoba menggunakannya. Sekali lagi, jangan pernah mencobanya!

Ada proses ketika kamu akan diminta melakukan verifikasi sebagai manusia, padahal kamu diminta menginstal beberapa aplikasi lain. SocialSpy tak lebih dari aplikasi iklan yang mencari uang melalui klik atau pemasangan aplikasi yang mereka pasarkan.

3. Bahaya Social Spy WhatsApp

Bukannya memberikan informasi mengenai WA orang yang ingin kamu sadap, Social Spy WhatsApp adalah penipuan jahat yang membahayakan, mulai dari mengambil data, menghapus data, hingga menginfeksi perangkat dengan malware berbahaya.

4. Bukan Virus tapi Tetap Berbahaya

Social Spy Whatsapp bukanlah virus, melainkan halaman scam. Mempercayai aplikasi ini dapat membuatnya melacak data kamu menggunakan cookie berbeda yang mengirimkan informasi perangkat dan juga memaparkan perangkat kamu ke situs web berbahaya.

Meski bukan virus, scam bisa membawa perangkat kamu kepada platform yang dapat menginfeksi dengan virus yang lebih serius.

Bagaimana Social Spy Whatsapp bisa muncul ke layar kita? Ada banyak cara mereka muncul, antara lain melalui link yang tidak terpercaya, lewat pop-up seperti iklan, iklan banner, hingga pengalihan peramban.

Cara Menghapus Aplikasi Scam

Jika sudah terlanjur menggunakan SocialSpy WhatsApp, bahkan kamu mungkin sudah menginstall beberapa aplikasi. Ada cara menghapus aplikasi tersebut dan aplikasi scam lainnya dari HP. Lakukan langkah berikut ini:

1. Langkah Persiapan

Sebagai langkah persiapan, matikan terlebih dahulu HP kamu dan keluarkan kartu SIM-nya. Jika HP tidak bisa dimatikan, habiskan saja baterainya dengan menggunakan aplikasi yang berat.

2. Aktifkan Safe Mode

Cara mengaktifkan Safe Mode pada Android biasanya sama, yaitu dengan langkah berikut ini:

  • Nyalakan perangkat dengan menekan tombol power dan menahannya sampai melihat melihat menu Safe Mode.
  • Ketuk ikon Safe Mode untuk masuk ke halaman awal HP.
  • Pastikan ada tulisan 'Safe Mode' di bagian samping, bawah, atau sudut layar lainnya.

3. Hapus Aplikasi Scam

  • Masuk ke Settings atau Pengaturan, lalu masuk ke 'Apps'.
  • Cari aplikasi yang diduga scam, klik.
  • Hentikan aplikasi, lalu uninstall atau hapus dari HP.

4. Hapus File Virus

Temukan file mencurigakan yang kemungkinan merupakan virus di File Explorer. Segera Hapus.

5. Restart HP

Terakhir, restart HP kamu untuk kembali ke mode normal.

Demikian tadi 5 fakta Social Spy WhatsApp yang berbahaya. Website ini adalah scam, jadi jangan sampai coba-coba menggunakannya!



Simak Video "Apa Iya Situs SocialSpy Bisa Sadap WhatsApp?"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/inf)
back to top