• Home
  • Berita
  • Ada Kecurangan di Pemilu 2024? Lapor ke KecuranganPemilu.com

Ada Kecurangan di Pemilu 2024? Lapor ke KecuranganPemilu.com

Redaksi
Feb 14, 2024
Ada Kecurangan di Pemilu 2024? Lapor ke KecuranganPemilu.com
Jakarta -

Sejak pagi hari, masyarakat mencoblos dalam Pemilu 2024. Jika Anda menemukan kejadian kecurangan, bisa lapor ke kecuranganpemilu.com.

Dalam memberantas kecurangan pada saat pemilu, koalisi masyarakat sipil membuat sebut platform bernama kecuranganpemilu.com. Ini adalah cara pengawasan serta memantau Pemilu 2024 agar berjalan jujur dan adil

Seperti dilihat detikINET, Rabu (14/2/2024) pada laman resmi kecuranganpemilu.com, mereka menjelaskan kanal ini merupakan sebuah wadah bersama bagi masyarakat untuk mengawal penyelenggaraan pemilu serentak agar dapat berjalan secara demokratis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketika masuk ke kecuranganpemilu.com, pengunjung langsung disuguhkan visual peta Indonesia yang di dalamnya terdapat lingkaran yang disertai angka. Itu merupakan hasil laporan kecurangan yang terjadi di masa-masa pemilu ini. Pengunjung juga bisa melihat kecurangan apa yang telah dilakukan dengan hanya mengklik bulatan tersebut.

Maka dari itu untuk masyarakat yang menemukan kecurangan pada saat pencoblosan nanti, silakan langsung melakukan pelaporan ke kecuranganpemilu.com. Caranya mudah, tinggal masuk ke dalam kanal tersebut lalu daftar dan langsung bisa ajukan pelaporan kecurangan yang terjadi.

Dari halaman utama tinggal klik LAPOR. Kemudian isi data wilayah kecurangan, jenis kecurangan, kronologi kejadian dan alat bukti kejadian kecurangan tersebut.

Dengan adanya ini jadi langkah serius masyarakat untuk mengantisipasi kecurangan yang terjadi saat pemilu dan mengawal agar berjalan secara jujur juga demokratis.

Sebagai informasi, kecuranganpemilu.com dikelola secara kolektif oleh Yayasan Dewi Keadilan Indonesia, Firma Hukum Themis Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Indonesia Corruption Watch (ICW), Drone Emprit, dan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). Situs ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai kelompok masyarakat sipil lainnya.



Simak Video "Lihat Kecurangan Pemilu? Laporkan di kecuranganpemilu.com"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)
back to top