• Home
  • Berita
  • 34 Aplikasi Jahat Kuras Pulsa dan Curi Data, Segera Hapus!

34 Aplikasi Jahat Kuras Pulsa dan Curi Data, Segera Hapus!

Redaksi
Jan 31, 2023
34 Aplikasi Jahat Kuras Pulsa dan Curi Data, Segera Hapus!

Peneliti keamanan kembali menemukan 34 aplikasi Android berbahaya di Google Play Store. Parahnya, aplikasi-aplikasi ini disisipi trojan berbahaya yang bisa menguras pulsa dan mencuri data pribadi.

Puluhan aplikasi berbahaya ini ditemukan oleh peneliti keamanan dari SecneurX. Puluhan aplikasi ini diketahui membawa tiga malware berbahaya yaitu Joker, Harly, dan Autolycos.

Malware Joker tentu namanya sudah tidak asing dan sering ditemukan di Google Play Store. Malware ini diketahui bisa mencegat SMS yang masuk, mencuri daftar kontak dan informasi perangkat, serta mendaftarkan nomor korban ke layanan premium berbayar tanpa sepengetahuan mereka.

Sedangkan malware Hayla bisa dibilang sebagai saudara malware Joker karena memiliki asal-usul yang sama. Malware ini biasanya berpura-pura sebagai aplikasi yang berguna dan berjalan sesuai fungsinya, tapi diam-diam mendaftarkan korban ke layanan premium.

Terakhir malware Autolycos yang cara kerjanya mirip seperti malware Harly. Namun, malware Autolycos juga bisa mengakses atau membaca konten SMS.

Sebagian besar aplikasi yang disusupi malware ini merupakan aplikasi produktivitas, seperti translator, scanner, recorder, dan lain-lain. Ada juga aplikasi kamera dan editor foto serta aplikasi untuk kustomisasi tampilan ponsel, seperti dikutip dari Gizchina, Selasa (31/1/2023).

Saat ini sebagian besar dari 34 aplikasi berbahaya itu masih bisa ditemukan di Google Play Store. Pengguna yang sudah terlanjur download disarankan untuk segera menghapusnya dari perangkatnya.

Untuk menghindari aplikasi berbahaya yang bisa mengancam keamanan perangkat kalian ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, selalu cek review dan pastikan review yang ditulis asli dan bukan komentar palsu. Kedua, hindari aplikasi yang meminta izin akses tidak sesuai fungsinya. Ketiga, selalu download aplikasi dari sumber resminya.

back to top