• Home
  • Berita
  • Google Punya AI, Bisa Bikin Musik dari Teks

Google Punya AI, Bisa Bikin Musik dari Teks

Redaksi
Jan 30, 2023
Google Punya AI, Bisa Bikin Musik dari Teks

Google diam-diam mengembangkan bot berbasis kecerdasan buatan (AI) yang bisa menciptakan musik berbekal input teks. Tapi bot ini tidak akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Dalam makalah penelitiannya, AI yang disebut MusicLM itu diklaim sebagai model yang bisa menciptakan musik high-fidelity dari deskripsi teks seperti 'melodi biola yang menenangkan dengan riff gitar yang terdistorsi'.

"Kami mendemonstrasikan bahwa MusicLM dapat dikondisikan menggunakan teks dan melodi di mana mereka dapat mengubah melodi siulan dan senandung sesuai dengan gaya yang dideskripsikan dalam caption teks," kata peneliti Google dalam makalah tersebut, seperti dikutip dari Insider, Senin (30/1/2023).

Menurut studi tersebut, pengguna bisa memasukkan deskripsi teks seperti 'musik jazz menarik dengan saksofon solo dan penyanyi solo', atau 'Techno Berlin ala 90-an dengan bass rendah' dan kemudian menerima musik yang serupa dengan kueri teks tersebut.

Saat ini pengguna tidak bisa menggunakan MusicLM untuk menciptakan musik. Tapi kalian bisa mendengarkan musik ciptaannya di halaman Github Google berikut ini.

Pengembangan MusicLM diumumkan di tengah meroketnya popularitas chatbot ChatGPT milik OpenAI. Untuk bersaing dengan ChatGPT, Google akan merilis 20 produk baru, termasuk versi baru Google Search dengan fitur chatbot AI.

Tapi MusicLM tidak termasuk dalam daftar produk yang akan dirilis. Google mengatakan ada beberapa risiko yang harus dipertimbangkan, termasuk bias yang bisa menyebabkan kurangnya representasi dan perampasan data, masalah teknologi, dan potensi penyalahgunaan konten kreatif.

Masalah hak cipta juga menghantui MusicLM. Menurut studi Google, peneliti menemukan lagu yang sudah ada dan mudah dikenali di 1% musik contoh yang berpotensi melanggar hak cipta.

"Kami sangat menekankan perlunya lebih banyak penelitian untuk mengatasi risiko terkait dengan penciptaan musik ini di masa depan -- kami tidak berencana untuk merilis model (AI) pada saat ini," pungkasnya.

back to top