• Home
  • Berita
  • 12 Ramalan Teknologi Jenius ala Film Sci-Fi yang Jadi Kenyataan

12 Ramalan Teknologi Jenius ala Film Sci-Fi yang Jadi Kenyataan

Redaksi
May 18, 2024
12 Ramalan Teknologi Jenius ala Film Sci-Fi yang Jadi Kenyataan
Daftar Isi
  • 12 Ramalan Teknologi Jenius yang Jadi Kenyataan
  • 1. HP Lipat 2. Teknologi Hologram 3D 3. Bom Nuklir 4. Smartwatch 5. Video Call 6. Kartu Kredit 7. Headset Bluetooth 8. Radio 9. Robot Pembantu 10. Virtual Reality (VR) 11. Mobil Tanpa Pengemudi 12. Pintu Otomatis
Jakarta -

Pada zamannya teknologi berikut hanya ada dalam ramalan atau film science fiction (sci-fi). Namun, kemajuan teknologi memungkinkan ramalan teknologi tersebut jadi kenyataan.

Berbagai hal yang tadinya hanya dalam bayangan, kini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Berbagai produk teknologi ini mempermudah kehidupan manusia, serta meningkatkan kesejahteraan.

12 Ramalan Teknologi Jenius yang Jadi Kenyataan

Berikut 12 ramalan teknologi film sci-fi yang menjadi fakta dirangkum dari laman science alert dan TCK Publishing:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. HP Lipat

Ide teknologi HP lipat berusaha dikembangkan sejak tahun 1960-an dan sempat mucul dalam bentuk yang mirip di film Star Trek tahun 1966. Perangkat hp lipat akhirnya diwujudkan perusahaan Motorola pada 1973.

HP lipat produksi Motorola kemudian diperkenalkan di pasaran pada tahun 1983. Berbeda dengan produk dulu yang cenderung besar, berat, dan mahal, teknologi hp lipat sekarang lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

ADVERTISEMENT

2. Teknologi Hologram 3D

Selama beberapa dekade, banyak film sci-fi yang menampilkan teknologi hologram 3D. Misalnya dalam film Star Wars tahun 1977, terdapat adegan tokoh putri Leia yang meminta bantuan Luke Skywalker melalui pesan hologram.

Sejak saat itu, gagasan teknologi hologram 3D pun berusaha dikembangkan oleh para ilmuwan. Hingga pada 2017, perusahaan Australia Euclideon menyatakan berhasil menciptakan teknologi meja hologram seperti yang ada di film Star Wars.

3. Bom Nuklir

Novelis HG Wells dalam bukunya yang berjudul The World Set Free pernah memprediksi senjata dahsyat bom nuklir. Dalam novel yang dirilis tahun 1914 tersebut, Wells mendeskripsikan bom nuklir sebagai granat tangan dari uranium.

Bom nuklir juga dijatuhkan dari pesawat dan berpotensi mengakibatkan peranh destruktif. Tiga dekade kemudian, senjata bom nuklir digunakan oleh Amerika Serikat dan memporak porandakan wilayah Hiroshima dan Nagasaki.

4. Smartwatch

Jauh sebelum smartwatch diciptakan, ternyata teknologi ini sudah pernah diprediksi film The Jetsons tahun 1962. Film ini menampilkan perangkat jam tangan berteknologi tinggi, yang desainnya mirip dengan smartwatch sekarang. Jam dilengkapi sejumlah fitur canggih, yang memungkinkan penggunanyya menelpon hingga ambil foto.

5. Video Call

Teknologi panggilan video atau video call yang sering digunakan saat ini pernah diramalkan dalam film sci-fi zaman dulu. Salah satunya dalam film Metropolis yang tayang tahun 1972.

Film Metropolis menggambarkan video call seperti sebuah telepon video analog yang dipasang di dinding. Film lainnya yang memunculkan teknologi video call contohnya film A Space Odyssey (1968) dan film Back to the Future II (1989).

6. Kartu Kredit

Pada zaman 80-an, metode pembayaran dengan menggesekkan kartu dianggap hayalan atau fiksi ilmiah. Teknologi pembayaran ini baru bisa terealisasi di masa sekarang.

Istilah kartu kredit pertama kali diperkenalkan dalam novel Edward Bellamy pada 1887. Pembayaran kartu kredit akhirnya tersedia di Amerika pada tahun 1950. Kini kartu kredit telah bertransformasi menjadi alat pembayaran umum di seluruh dunia.

7. Headset Bluetooth

Penulis Ray Bradbury pernah menuliskan teknologi headset nirkabel dalam novel Fahrenheit 451 tahun 1953. Dalam novelnya tersebut, Bradbury menggambarkan perangkat earbud atau headset yang ada sekarang sebagai cangkang kecil.

Headset menghadirkan musik dan pembicaraan ke dalam pikiran di saat sedang tidak tertidur. Kini, prediksi Bradbury terbukti menjadi nyata melihat jutaan orang yang menggunakan headset nirkabel untuk mendengarkan lagu dan menelepon.

8. Radio

Pada 1889, novelis Jules Verne pernah membayangkan masyarakat tidak lagi membaca berita dari koran. Berbagai kabar sampai pada masyarakat melalui berita yang disiarkan.

"Alih-alih dicetak, Earth Chronicle setiap pagi diperdengarkan kepada para pelanggan, yang dari dialog menarik dengan para reporter, negarawan, dan ilmuwan, mempelajari berita hari itu," tulis Verne. Siaran radio pertama baru mengudara di tahun 1920-an.

9. Robot Pembantu

Istilah robot pernah disebutkan dalam naskah drama karya penulis Ceko, Karel Čapek, bertajuk Rossum's Universal Robots pada tahun 1920. Dalam naskahnya, Karel mendeskripsikan robot sebagai manusia sintetis yang dapat bekerja secara efisien tanpa emosi.

Pada 1955, penulis Philip K. Dick juga menampilkan teknologi robot pembantu yang memiliki kemampuan untuk merawat sebuah keluarga. Di masa sekarang, Jepang menjadi salah satu negara yang gencar mengembangkan robot pembantu pekerjaan manusia.

10. Virtual Reality (VR)

Teknologi Virtual Reality atau VR diperkenalkan dalam film lawas tahun 1982 berjudul Tron. Film Tron menampilkan VR bagaikan sebuah dunia serba digital yang dapat berinteraksi dengan manusia. Sepuluh tahun setelahnya, teknologi VR juga dituliskan oleh Neal Stephenson dalam novelnya yaitu Snow Crash.

Dalam novel Snow Crash, tokoh bernama Hiro digambarkan menggunakan kacamata canggih yang membawanya ke dunia lain yang dihasilkan oleh komputer. Gambaran ini sangat mirip dengan teknologi kacamata VR yang dikenal sekarang.

11. Mobil Tanpa Pengemudi

Menurut artikel dari New York Times tahun 1964, Isaac Asimov, seorang penulis dan profesor asal Amerika pernah memprediksi seperti apa kehidupan dalam 50 tahun mendatang. Salah satu prediksi 'gila'nya adalah penemuan mobil dengan otak robot yang bisa dikendarai tanpa pengemudi.

Nyatanya pada tahun 2009, proyek mobil tanpa pengemudi atau self-driving car ini benar-benar direalisasikan oleh Google. Selain itu, produsen mobil seperti Tesla dan perusahaan teknologi lainnya saat ini tengah berlomba menciptakan kendaraan autopilot.

12. Pintu Otomatis

Novelis HG Wells juga memprediksi kehadiran teknologi pintu otomatis. Teknologi ini diramalkan oleh Wells pada tahun 1910 silam dalam buku When the Sleeper Wakes.

Dalam bukunya, Wells menggambarkan dua orang pria yang melewati sebuah dinding yang dapat terbuka secara otomatis layaknya pintu. Pada 1954, teknologi pintu otomatis pertama diciptakan oleh Dee Horton dan Lew Hewitt.

Nah, itu dia 12 ramalan teknologi ala film dan novel sci-fi yang kini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kira-kira, teknologi canggih apa lagi ya yang bakal jadi kenyataan di masa depan?



Simak Video "Ada Layanan Telepon dengan AI, Bantu Tunanetra Akses Informasi"
[Gambas:Video 20detik]
(row/jsn)
back to top