• Home
  • Berita
  • Xiaomi Pamer Fast Charging 300W, Ngecas HP Sampai Penuh Cuma 5 Menit!

Xiaomi Pamer Fast Charging 300W, Ngecas HP Sampai Penuh Cuma 5 Menit!

Redaksi
Feb 28, 2023
Xiaomi Pamer Fast Charging 300W, Ngecas HP Sampai Penuh Cuma 5 Menit!

Tahun lalu Xiaomi meluncurkan ponsel Redmi Note 12 Discovery Edition dengan fast charging 210W. Beberapa bulan setelahnya, vendor asal China ini kembali memecahkan rekornya sendiri dengan memamerkan teknologi fast charging 300W.

Dalam video demonstrasi yang diunggah di Weibo, Xiaomi memamerkan teknologi fast charging terbarunya. Teknologi baru itu hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk mengisi baterai hingga 100%.

Demonstrasi tersebut dijalankan menggunakan Redmi Note 12 Pro+ yang dimodifikasi dengan baterai berkapasitas 4.100 mAh. Kapasitas baterainya sedikit lebih kecil ketimbang baterai 4.300 mAh yang diusung Redmi Note 12 Discovery Edition, ponsel pertama Xiaomi dengan fast charging 210W.

Kalian bisa langsung melihat demonstrasinya lewat video di bawah ini. Ponsel Redmi tersebut membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk mengisi baterai hingga 20%.

Kemudian ponsel menyentuh level 50% hanya dalam waktu dua menit dan 12 detik, dan baterai ponsel bisa terisi penuh dalam waktu kurang dari lima menit, seperti dikutip dari Engadget, Selasa (28/2/2023).

Menariknya, power meter yang ada di video menunjukkan teknologi fast charging ini tidak bisa mencapai level 300W. Ponsel Redmi itu mencapai level sekitar 290W selama beberapa detik, dan di atas 280W selama sekitar dua menit.

Xiaomi mengatakan ponsel demonstrasi ini menggunakan sel 15C yang lebih bertenaga ketimbang sel 10C di Redmi Note 12 Discovery Edition. Adapter yang mendukung fast charging 300W ukurannya masih kecil, setara dengan caharger 210W, berkat desain modular dan penyebaran panas yang lebih baik di dalam.

Terkait keamanan, baik untuk baterai maupun charger, Xiaomi mengklaim ada lebih dari 50 fitur yang disematkan ke sistem untuk menjaga arus, voltase, dan temperatur di masing-masing chip charging.

Teknologi fast charging 300W milik Xiaomi ini dipamerkan tidak lama setelah Realme merilis GT Neo 5 yang memiliki kecepatan pengisian 240W. Belum diketahui kapan teknologi fast charging 300W Xiaomi akan diluncurkan kepada publik.

back to top