• Home
  • Berita
  • WhatsApp Business Hadirkan Centang Biru Berbayar dan Asisten AI

WhatsApp Business Hadirkan Centang Biru Berbayar dan Asisten AI

Redaksi
Jun 09, 2024
WhatsApp Business Hadirkan Centang Biru Berbayar dan Asisten AI
Jakarta -

WhatsApp Business mengumumkan sederet fitur baru untuk usaha kecil dan menengah. Dua di antaranya adalah centang biru berbayar alias Meta Verified dan asisten kecerdasan buatan (AI).

Fitur-fitur ini diumumkan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg dalam acara Conversations yang digelar di Sao Paulo, Brasil. Dalam sambutannya, Zuckerberg banyak berbicara soal AI yang disebutnya akan membentuk masa depan semua aplikasi Meta, termasuk WhatsApp.

Berkat fitur AI di WhatsApp Business, pemilik usaha bisa menggunakan teknologi tersebut untuk membuat iklan Facebook dan Instagram untuk mendorong calon konsumen memulai chatting dengan bisnis lewat WhatsApp.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

WhatsApp juga memanfaatkan AI untuk membantu bisnis menjawab pertanyaan yang paling sering diterima, misalnya terkait katalog produk. Selain itu, pelaku usaha juga bisa menggunakan AI untuk menindaklanjuti pelanggan yang bisa dihubungi, misalnya untuk mengingatkan ada item yang ketinggalan di troli atau menawarkan diskon.

"Dan semua AI tersebut harus sejalan dengan produk dan layanan Anda. Melakukan hal ini dengan benar akan membuka peluang besar untuk membantu bisnis berkembang," kata Zuckerberg dalam sambutannya, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima detikINET, Jumat (7/6/2024).

ADVERTISEMENT

"Oleh karena itu, kami sedang mengujinya ke sejumlah bisnis kecil berbahasa Inggris di India dan Singapura. Dan kami juga akan segera merilis fitur ini di Brasil," sambungnya.

Fitur AI di WhatsApp Business Foto: dok. WhatsApp

Selain itu, Zuckerberg juga mengumumkan kehadiran fitur Meta Verified untuk akun bisnis. Meta pertama kali meluncurkan program Verified untuk bisnis pada September 2023, tapi hanya tersedia untuk Facebook dan Instagram. Kali ini fitur tersebut diperluas hingga WhatsApp.

Pelaku usaha yang berlangganan Meta Verified di WhatsApp akan mendapatkan lencana verifikasi alias centang biru, perlindungan terhadap peniruan identitas, prioritas dukungan akun, dan berbagai fitur lainnya untuk meningkatkan visibilitas. Fitur ini diluncurkan di Brasil, India, Indonesia, dan Kolombia, sebelum dirilis di lebih banyak negara.

"Dengan Meta Verified, akan lebih mudah bagi bisnis kecil untuk membangun kredibilitas dengan pelanggan dan memperkuat brand, sehingga pelanggan merasa lebih tenang ketika menghubungi Anda," kata Zuckerberg.

Terakhir, WhatsApp Business juga memperkenalkan panggilan telepon dalam chat dengan bisnis berukuran besar. Jadi konsumen bisa berbicara secara langsung dengan perwakilan bisnis hanya dengan satu ketukan.

WhatsApp mencontohkan fitur panggilan telepon ini akan berguna untuk percakapan yang rumit, seperti konsumen yang ingin mengajukan pembukaan rekening baru ke bank atau membicarakan detail perjalanan dengan agen. Fitur ini masih dalam tahap uji coba dan akan diperluas ke lebih banyak bisnis dalam beberapa bulan ke depan.



Simak Video "WhatsApp Akan Hadirkan Fitur Ubah Tema Aplikasi "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
back to top