• Home
  • Berita
  • WhatsApp Bakal Perkuat Fitur Chat Lock Jadi Makin Aman

WhatsApp Bakal Perkuat Fitur Chat Lock Jadi Makin Aman

Redaksi
Oct 09, 2023
WhatsApp Bakal Perkuat Fitur Chat Lock Jadi Makin Aman
Jakarta -

Beberapa bulan yang lalu, WhatsApp merilis fitur Chat Lock yang memungkinkan pengguna mengunci chat pribadinya dengan password atau biometrik. Kini WhatsApp sedang menggarap peningkatan untuk fitur Chat Lock agar membuatnya jadi lebih aman.

Update ini ditemukan oleh WABetaInfo di WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.21.8 dan 2.23.21.9. Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan jadi belum tersedia untuk beta tester atau pengguna umum.

Dari screenshot yang dibagikan oleh WABetaInfo, update untuk fitur Chat Lock ini memungkinkan pengguna membuat kode rahasia atau secret code untuk mengunci pesan rahasia. Hal ini tidak mengejutkan mengingat WhatsApp sudah mengindikasikan akan menggarap fitur password khusus untuk pesan yang dikunci.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pengguna bisa membuat password khusus yang terdiri dari kata atau emoji, dan WhatsApp memperingatkan password khusus itu harus mudah diingat. Update ini bisa membuat chat yang dikunci jadi semakin aman karena ada opsi lain selain password dan sidik jari yang digunakan untuk mengunci ponsel.

"Ketika pengguna menetapkan password khusus untuk chat mereka, password itu akan mengisolasi privasi chat ini dari keamanan ponsel," kata WABetaInfo dalam laporannya, seperti dikutip detikINET, Senin (9/10/2023).

"Artinya, bahkan ketika seseorang mendapatkan akses ke password perangkat, mereka tidak akan otomatis memiliki akses ke folder chat yang dikunci," sambungnya.

Selain itu, di update WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.21.9 juga ditemukan informasi tambahan tentang password khusus untuk fitur Chat Lock. Berkat password khusus ini, chat yang dikunci tetap akan bisa ditemukan dengan mudah lewat bilah pencarian di aplikasi WhatsApp.

Fitur password khusus untuk locked chat di WhatsApp Foto: WABetaInfo

Selain itu, chat yang dikunci menggunakan password khusus akan disinkronisasi di perangkat lainnya yang terhubung dengan WhatsApp. Jadi pengguna tidak perlu mengunci chat rahasianya secara manual di masing-masing perangkat karena pengaturannya sudah tersinkronisasi.

Belum diketahui kapan fitur password khusus untuk mengunci chat WhatsApp akan dirilis. Untuk saat ini, kalian bisa mengunci chat di WhatsAp dengan cara membuka chat yang ingin dikunci, ketuk profil akunnya, lalu pilih opsi Chat Lock di bagian bawah, dan ikuti petunjuk di layar.



Simak Video "Tiga Format Teks Baru yang Sedang Dikembangkan WhatsApp"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)
back to top