• Home
  • Berita
  • Warganet Gaungkan Kawal Putusan MK, Stay Safe yang Demo!

Warganet Gaungkan Kawal Putusan MK, Stay Safe yang Demo!

Redaksi
Aug 22, 2024
Warganet Gaungkan Kawal Putusan MK, Stay Safe yang Demo!
Jakarta -

Warganet di Tanah Air ramai-ramai menggaungkan Kawal Putusan MK lewat media sosial. Mereka pun memberi semangat dan doa keselamatan bagi yang ikut turun demo.

Pantauan detikINET, tagar #KawalPutusanMK mulai ramai di X.com sejak Selasa petang (20/8/2024). Pada Kamis pagi (22/8/2024) hastag tersebut masih memuncaki trending topik dengan lebih dari 16 kicauan dibuat netizen.

#KawalPutusanMK bermula untuk mengawal agenda Badan Legislasi (Baleg) DPR yang menggelar rapat untuk membahas Rancangan Undang-undang Pilkada pada Rabu (21/8/2024). Agenda tersebut digelar sebagai response atas aturan ambang batas pencalonan kepala daerah dan batas usia calon kandidat di Pilkada yang dikeluarkan Mahkamah Konstitusi (MK) sehari sebelumnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kicauan #KawalPutusanMK makin ramai setelah Baleg DPR bakal membawa Revisi UU Pilkada ke Sidang Paripurna. Beberapa pihak merasa revisi UU Pilkada dilakukan untuk menganulir putusan MK.

Beberapa yang menjadi sorotan adalah ambang batas (tjreshold) dan syarat usia calon kepala daerah minimal 30 tahun dihitung saat pelantikan. Netizen Indonesia kemudian ramai-ramai memposting gambar garuda dengan latar belakang warna biru di media sosial, di X ataupun Instagram Stories.

ADVERTISEMENT

Sejumlah elemen masyarakat akan menggelar aksi demo mengawal putusan MK terkait Pilkada hari ini. Aksi akan dilakukan di depan Gedung DPR dan Gedung MK oleh Partai Buruh, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), mahasiswa, aktivis '98 hingga guru besar.

"Bukannya kemarin negaraku ini baru dirayakan ya kemerdekaannya? Semoga yang hari ini turun aksi ke jalan untuk demo dilancarkan!" kata @otihng.

"Kepada yang terhormat @DPR_RI, kami mohon untuk mempertimbangkan ambang batas dan pembahasan RUU Pilkada dalam pilkada tahun ini. Terima kasih," kata @asterhengni.

"bukan FOMO, karena ini bukan trend. semua ini untuk masa depan kalian. sekarang dampaknya belum terasa, tapi di masa depan akan ada saatnya ini berdampak pada kehidupan kalian. jadi ayo, buka suara kalian‼️ #KawalPutusanMK," ujar @imseonnie_

"bung, bangsa ini sedang ringkih, ideologinya di acak acak, tak punya arah untuk beranjak, apalah arti 79 tahun ini?,mungkin hanya arti tahun saja bukan berarti semakin dewasa, ingat dinastimu tak akan selamanya berdiri semua hanya butuh waktu #KawalPutusanMK," ucap @nfryoutdy.



#KawalPutusanMK Bergema di Media Sosial

#KawalPutusanMK Bergema di Media Sosial


(afr/afr)
back to top