• Home
  • Berita
  • vivo V29e, Tampil Mewah Performa Tak Kalah

vivo V29e, Tampil Mewah Performa Tak Kalah

Redaksi
Apr 10, 2024
vivo V29e, Tampil Mewah Performa Tak Kalah
Jakarta -

vivo V29e adalah varian V29 Series yang paling terjangkau. Namun tampilannya cantik dengan performa yang tidak kalah.

Sebelum paparan hasil uji lengkap Lab Gadget detikINET untuk vivo V29e, kita simak dulu spesifikasi lengkapnya:

RilisKamera
November 2023
Kamera Belakang: Kamera utama 64MP, sensor 0,5 inch, Ultra wide 8 MP, OIS, Aura Light Potrait, Smart Lighting Control
Kamera Depan: 50MP group selfie
DimensiBaterai
162,3 x 74,8 X 7,69 mm
190 gram, 2.5D Slim Flat Frame Design
4.800 mAh, FlashCharge 44W
LayarFitur & Konektivitas
AMOLED 6,67 inch, 1.080x2.400 pixel, 120Hz, 100% DCI-P3 Wide Color Gamut, HDR 10+, 1.150 nits
NFC, FunTouch OS 13, Audio Booster, IP54, Cooling System, SGS Eye Protection
ProsesorWarna
Snapdragon 695
Rose Gold, Crystal Blue, Forest Black
RAM & StorageHarga
8GB/256GB
Rp 4,399 juta
Spesifikasi yang dibawa pun mumpuni di kelasnya.detikINET

Desain

vivo V29e memiliki desain yang cantik dan modern. Ada tiga warna dihadirkan yang mewakili keindahan Indonesia, yakni Forest Black, Crystal Blue dan Rose Gold.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Varian yang detikINET review adalah Rose Gold 'Cahaya Negeri'. Terinspirasi cahaya Matahari di Bumi Nusantara sehingga memancarkan kemewahan.

ADVERTISEMENT
Vivo V29e dalam genggaman tangan Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Saat berada di tangan terasa begitu nyaman lantaran permukaannya yang begitu halus. Hal ini karena vivo membawa Fluorite AG Technique untuk membuat permukaan yang halus saat disentuh namun terlihat mewah begitu dipandang.

Berkat mengadopsi desain 2.5D Slim Flat Frame yang dipadukan dengan bodi tipis 7,69 mm, membuat vivo V29e ergonomis enak digenggam. Ditambah lagi bobotnya hanya 190 gram tak bikin berat saat disimpan di saku baju maupun kantong celana.

vivo turut memperhatikan durabilitas smartphone barunya. V29e ini sudah dibekali sertifikat IP54 yang artinya tahan percikan air dan debu.

Layar

Salah satu fitur unggulan dari vivo V29e adalah layarnya. Smartphone ini menggunakan layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ (2.400 x 1.080 piksel), mendukung HDR10+ dan DCI-P3.

Hasilnya film di layanan streaming disuguhkan dengan warna yang kaya dan cerah, serta punya kontras tinggi. Lantaran sudah mendukung refresh rate 120Hz, menggulir layar saat mencari film terasa begitu mulus, demikian pula saat membuka aplikasi lainnya.

Vivo V29eLayar vivo V29e tetap terlihat jelas meski di bawah terik Matahari. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Karena layar vivo V29e punya tingkat kecerahan hingga 1.150 nits, detikINET pun mencoba menggunakan smartphone ini di luar ruangan. Hasilnya konten di layar masih terlihat jelas meski di bawah terik Matahari.

Tak kalah penting layar smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi SGS Eye Protection. Artinya paparan cahaya biru dapat diminimalisir agar dapat menjaga kesehatan mata.

Uji Performa

Tim detikINET telah melakukan uji performa vivo V29e dengan benchmark Geekbench dan Antutu. Sebelum membahas hasil pengujian, kita oprek dulu dalaman vivo V29e.

vivo V29e ditenagai oleh chipset Snapdragon 695 5G yang merupakan chipset baru dari Qualcomm. Chipset ini memiliki CPU octa-core yang terdiri dari dua core Kryo 670 Gold berkecepatan 2,2 GHz dan enam core Kryo 670 Silver berkecepatan 1,8 GHz.

Chipset ini juga memiliki GPU Adreno 619L yang dapat menangani grafis dengan baik. Selain itu, chipset ini juga mendukung konektivitas 5G dengan dukungan dual SIM dan dual standby.

vivo V29e memiliki RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB tanpa slot kartu memori. Untuk mendongkrak performanya diberikan fitur Extended RAM 8GB.

Vivo V29e. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Racikan tersebut tampaknya bikin performa vivo V29e cukup baik untuk menjalankan aplikasi dan game sehari-hari. Multitasking pun berjalan mulus tanpa ada lag.

Untuk menyelaraskan hal tersebut, detikINET coba melakukan benchmark pada smartphone ini. Hasilnya memang sesuai, benchmark Antutu meraih skor 452.685.

Saat dites pakai Geekbench, hasil uji single core mendapat 905, sementara multi-core mencetak nilai 2.166. Inilah tabel hasil pengujiannya dari Antutu dan Geekbench:

Hasil uji performa vivo v29e. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Uji Kamera

Sebagai penerus V27e, vivo memberikan sejumlah peningkatan termasuk pada kemampuan kamera. Bila sebelumnya kamera depannya 32MP kini didongkrak menjadi 50MP AF Group Photo yang dapat menghasilkan foto wefie atau foto grup yang lebih luas, jernih, dan tajam dengan kamera depan wide-angle.

Tentunya itu memberikan peningkatan pada hasil jepretan. Hasilnya foto selfie begitu detail serta wefie yang lebih luas.

Menariknya, kamera selfie vivo V29e punya sudut pandang 92 derajat sehingga memudahkan pengguna membuat foto group selfie dengan apik tanpa efek 'big face'.

Kamera vivo V29e. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Beralih ke bagian belakang, ada kamera utama 64MP OIS Night Camera yang memiliki sensor berukuran 0,5 inch. Alhasil pengguna bisa memotret terang dan detail meski di kondisi minim cahaya.

Tak sampai di situ, vivo memberikan fitur OIS yang mampu mengurangi goyangan kamera agar mendapatkan hasil lebih stabil dan berkualitas, baik saat memotret maupun merekam video.

vivo turut menyematkan kamera ultra-wide 8MP Super Wide-Angle Camera. Selain itu ada fitur Aura Light Portrait with Smart Lighting Control, yang dapat membantu konsumen untuk tetap mendapatkan hasil foto bagus meskipun dalam kondisi pencahayaan ekstrem dan kompleks.

Berikut adalah hasil uji kemampuan kameranya:

Mode 1x. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Zoom 2x. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Mode ultra-wide. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Mode standar. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Mode makro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Night mode. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto potrait. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Konsep Aura Light Portrait with Smart Lighting Control. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Hasil foto portrait dengan Aura Light Portrait with Smart Lighting Control. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Memotret group selfie pakai kamera depan vivo v29e. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Foto selfie vivo v29e. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Baterai

vivo V29e memiliki baterai berkapasitas 4.800 mAh yang dapat bertahan sekitar satu hari pemakaian normal. Smartphone ini juga mendukung pengisian cepat 44W FlashCharge dengan charger bawaan yang dapat mengisi baterai dari 0% hingga 70% dalam 30 menit.

vivo memberikan fitur penting bernama 24-Dimension Security Protection. Fitur ini sangat berguna agar pengisian baterai aman. Dengan algoritma pengisian daya yang cerdas, baterai mampu menjaga tingkat kesehatan baterai minimal 80% setelah 1400 pengisian-pengosongan siklus.

Kesimpulan

vivo V29e adalah smartphone yang memiliki banyak keunggulan. Tak sekadar tampilannya yang memikat mata, spesifikasi yang dibawa pun mumpuni di kelasnya.

Desainnya cantik nan mewah namun tetap nyaman dalam genggaman. Itu berkat penerapan desain 2.5D Slim Flat Frame, bodi yang dibuat tipis dan ringan.

Tampilan mewah, performa oke. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET


Layar AMOLED 120 Hz asyik untuk menikmati film maupun main game. Kehadiran kamera belakang 64MP OIS Night Camera dan 50MP AF Group Photo di depan bisa diandalkan untuk membuat konten untuk media sosial.

Teknologi Aura Light Portrait with Smart Lighting Control bikin vivo V29e tambah istimewa. Teknologi ini memungkinkan kamera untuk menerangi objek dari berbagai sudut dengan area pancaran cahaya yang luas, sehingga foto dan video tetap terlihat bagus meski dalam kondisi minim cahaya atau malam hari.

Ada banyak fitur lain tak kalah menarik dan membuat smartphone harga Rp 4.399.000 ini layak dijadikan smartphone kamu yang baru.



Simak Video "vivo Suguhkan Ponsel V29e, Punya Fitur 'Aura Light'"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/agt)
back to top