• Home
  • Berita
  • Viral Bangkai Paus Meledak di Laut Pasifik

Viral Bangkai Paus Meledak di Laut Pasifik

Redaksi
Sep 22, 2023
Viral Bangkai Paus Meledak di Laut Pasifik
Jakarta -

Video luar biasa namun mengerikan, merekam momen seekor paus mati meledak, memuntahkan darah dan isi perutnya. Peristiwa ini terjadi di Samudera Pasifik.

Awalnya, para pelaut sedang dalam perjalanan di lepas pantai California, untuk mencari ikan paus. Nah, mereka menemukan bangkai yang diyakini adalah ikan paus bungkuk.

Saat mereka nonton dan memfilmkan, bagian depan paus itu mendadak pecah, memuntahkan darah ke mana-mana. Kemudian, isi perutnya tumpah, dimulai dengan limpa dan beberapa organ besar lain. Ususnya pun menyusul dan seperti mengular ke perairan terbuka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Akhirnya, makhluk itu tenggelam ke dasar laut menuju tempat peristirahatan terakhirnya. Menurut National Geographic, kemungkinan besar ia akan menjadi makanan bagi hiu dan hewan pemakan dasar laut lainnya, yang akan memangsa sisa bangkainya selama sekitar 30 tahun.

"Seekor bangkai paus utuh melambangkan masuknya makanan secara besar-besaran. Seluruh komunitas tumbuh di sekitar 'air terjun paus' ini," kata Andrew David Thaler, ahli biologi kelautan yang dikutip detikINET dari Mirror.

Video ini diposting di awal tahun ini, tapi menjadi populer lagi setelah diposting ulang di Instagram Nature Is Metal, meraup lebih dari 200 ribu Like dan ribuan komentar dari netizen.

[Gambas:Instagram]

Nature is Metal merinci mengapa paus itu meledak, dipicu penumpukan gas metana yang disebabkan oleh bakteri pemakan organ dalam yang membusuk. Gas tersebut memberi tekanan pada bagian dalam paus, akhirnya menyebabkan ledakan.

Hal ini, ditambah dengan suhu air yang dingin, kemungkinan memperlambat pembusukan bagian luar binatang itu dan menghasilkan "resep untuk meledak". Dalam video, terdengar seorang pria berteriak, "Ini adalah momen National Geographic!" Yang lain mengungkapkan kebanggaan karena telah mengabadikannya dalam video.

Netizen pun ramai berkomenter seperti 'Saya tahu baunya GILA,' sementara yang lain bercanda: 'Anjing saya setelah makan hotdog pedas 7-11 yang saya miliki di konter.' Banyak komentator lain memuji yang merekam karena mengabadikan momen mengejutkan tersebut.



Simak Video "Penampakan 100 Ekor Paus Pilot Terdampar di Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)
back to top