• Home
  • Berita
  • Valve Banned Pro Player Dota 2 Asia Tenggara, Ada Indonesia?

Valve Banned Pro Player Dota 2 Asia Tenggara, Ada Indonesia?

Redaksi
Mar 14, 2023
Valve Banned Pro Player Dota 2 Asia Tenggara, Ada Indonesia?
Jakarta -

Valve baru-baru ini mengungkapkan informasi yang cukup mencengangkan komunitas Dota 2. Bersama dengan Perfect World, mereka telah mem-banned sejumlah pro player karena melakukan sebuah pelanggaran.

Beberapa dari nama ini ada yang berasal dari Asia Tenggara. Namun kira-kira ada yang dari Indonesia tidak ya?

Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Selasa (14/3/2023), pemain yang terkena banned memiliki hukuman berbeda-beda. Tercatat dari total 46 pemain, 21 orang divonis seumur hidup, 13 lainnya mendapatkan hukuman dua tahun, dan sisanya 12 pro player hanya diskors selama satu tahun saja.

Seluruh pemain yang curang itu berasal dari server Dota 2 di China. Nah Perfect World menjadi perusahaan yang bertanggung jawab mengoperasikan game MOBA ini di negeri tirai bambu tersebut.

Untuk 21 pemain yang dilarang seumur hidup, itu artinya mereka tidak akan pernah bisa lagi bermain di turnamen yang digelar Valve maupun Perfect World. Hukumannya serupa dengan 10 pro player, yang sebelumnya pernah di-banned permanen oleh Valve dan PGL Esports pada akhir tahun 2022.

Selain itu, imbasnya juga mengharuskan mereka menghapus lima tim dari Dota Pro Circuit (DPC) Spring Tour 2023. Untuk daftar nama yang dimaksud, bisa disimak melalui postingan Perfect World selaku mitra Valve asal China di Twitter berikut.

[Gambas:Twitter]

Namun sayangnya tidak ada alasan spesifik yang diberikan, mengapa ganjaran yang diterima tidak serupa satu sama lain. Kendati demikian ada spekulasi beredar di komunitas, kalau selama bertahun-tahun skena pro Dota 2 di China sudah dikotori oleh match fixing.

Apa yang dilakukan Valve merupakan keputusan terbesar mereka, untuk mengakhiri kecurangan di skena kompetitif Dota 2. Ini menjadi bagian dari upaya mereka selaku pemilik game, agar turnamen berjalan lebih sehat. Nah, artinya dengan penjelasan tersebut Indonesia aman dan tidak ada pro player Tanah Air yang tersandung masalah ini.



Simak Video "Bangga! Timnas Dota 2 Indonesia Juara di IESF Bali 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)
back to top