• Home
  • Berita
  • Tren Transaksi Tokopedia Ramadan 2023, Ini Produk yang Jadi Incaran

Tren Transaksi Tokopedia Ramadan 2023, Ini Produk yang Jadi Incaran

Redaksi
Apr 13, 2023
Tren Transaksi Tokopedia Ramadan 2023, Ini Produk yang Jadi Incaran
Jakarta -

Ramadan merupakan momen yang selalu dinantikan banyak masyarakat Indonesia setiap tahun. Selain meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, di bulan puasa ini masyarakat juga cenderung lebih antusias untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran lewat kanal online.

Laporan dari The Trade Desk menyebutkan sebanyak 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadan tahun ini. Sementara, laporan dari Google menunjukkan sekitar 80% konsumen digital akan mempertahankan atau bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

"Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga, Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman menjadi sejumlah kategori yang paling laris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan dwi mingguan biasanya. Artinya, produk-produk inilah yang paling dibutuhkan masyarakat belakang ini," ujar Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak dalam keterangan tertulis, Rabu (12/4/2023).

Pelaku Usaha Wajib Catat! Ini Produk Terlaris di Tokopedia Selama Ramadan

Nuraini menjelaskan pada kategori produk Fesyen di Tokopedia mengalami peningkatan transaksi yang cukup signifikan.

"Pada kategori produk Fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6x lipat, lebih dari 5x lipat dan lebih dari 7x lipat di dua minggu pertama Ramadan. Kegiatan khas Ramadan, seperti bukber, cenderung membuat masyarakat lebih memperhatikan penampilan," jelasnya.

Kemudian pada kategori produk Perawatan Diri, Tokopedia mencatat parfum dan cologne, produk kesehatan gigi dan mulut, serta perlengkapan mandi menjadi sejumlah produk yang paling diburu masyarakat di dua minggu pertama Ramadan.

"Masyarakat di sisi lain tampak tengah mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Buktinya, produk seperti spare part mobil, produk perawatan mobil dan produk interior mobil menjadi yang paling laris di Tokopedia pada kategori produk Otomotif," sambung Nuraini.

Ia pun menambahkan interior mobil seperti kasur mobil, tempat tisu mobil dan bantal mobil bahkan mengalami peningkatan transaksi hampir 2x lipat.

Lalu pada kategori produk Rumah Tangga di Tokopedia, transaksi perlengkapan ruang tamu dan keluarga (seperti sarung bantal, cover sofa dan taplak meja), penyimpanan makanan (seperti toples makanan, alumunium foil dan plastik wrapping) dan peralatan baking (seperti cetakan kue, kuas kue dan tatakan kue) mengalami peningkatan signifikan di dua minggu pertama Ramadan.

"Bulan puasa tidak terpisahkan dari sahur dan berbuka, serta momen berbagi dengan kerabat maupun teman. Tokopedia mencatat produk seperti hampers atau parsel, tepung dan buah menjadi sejumlah produk yang paling laris, dengan peningkatan rata-rata transaksi lebih dari 2x lipat," kata Nuraini.

Bahkan, sambungnya, buah kurma tercatat juga mengalami peningkatan penjualan lebih dari 3x lipat. Di sisi lain, Nuraini mengungkapkan Tokopedia mengadakan berbagai inisiatif untuk menciptakan peluang tanpa hambatan bagi para pelaku usaha di bulan Ramadan kali ini.

"Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia saat Ramadan, Tokopedia berupaya membantu pelaku usaha memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal," terangnya.

Kumpulan Toko Pilihan (KTP) misalnya, sebuah halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.

"Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Bandung, Surabaya dan Denpasar mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada dua minggu pertama Ramadan 2023," ungkapnya.

"Ada pula inisiatif berpendekatan Hyperlocal lainnya, yaitu Tokopedia NYAM!, yang membantu masyarakat mendapatkan makanan dan minuman dari penjual terdekat. Baik jumlah pembeli maupun transaksi melalui Tokopedia NYAM! meningkat hampir 2x lipat selama dua minggu pertama Ramadan 2023, dibandingkan dwimingguan biasa sepanjang kuartal I 2023," lanjutnya.

Guna membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus berpindah ke kota besar, Tokopedia juga menghadirkan Dilayani Tokopedia. Layanan pemenuhan pesanan ini memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. Aktivitas operasional penjual, mulai dari penerimaan pesanan, pengemasan produk, pengantaran ke kurir, hingga penanganan kendala jika dibutuhkan, akan Dilayani Tokopedia.

"Data Tokopedia menunjukkan, di dua minggu pertama Ramadan tahun ini dibandingkan tahun lalu, penjual yang memanfaatkan layanan berpendekatan Hyperlocal, Dilayani Tokopedia, mengalami rata-rata peningkatan penjualan hampir 2x lipat. Kami juga melihat bahwa transaksi parsel makanan lewat Dilayani Tokopedia meningkat hampir 3,5x lipat," papar Nuraini.

Inisiatif Hyperlocal Dorong Peningkatan Transaksi

Nuraini mengatakan inisiatif Hyperlocal Tokopedia mendorong peningkatan transaksi di sejumlah wilayah.

"Berkat inisiatif Hyperlocal Tokopedia-yang mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada-Banyuasin (Sumatera Selatan), Kampar (Kepulauan Riau) dan Lombok Timur (NTB) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi antarpulau paling tinggi di Tokopedia selama awal Ramadan 2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 2x lipat," tuturnya.

Di sisi lain, Kuningan (Jawa Barat), Palangkaraya (Kalimantan Tengah) dan Tabanan (Bali) tercatat sebagai beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi menggunakan pengiriman same day dan instan paling tinggi di Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2x lipat.

Promo Ramadan dari Tokopedia

Nuraini menuturkan di Ramadan kali ini Tokopedia mengadakan berbagai jenis promo untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran. Salah satunya yakni Tokopedia #LengkapiRamadan yang berlaku hingga 30 April 2023.

Tokopedia #LengkapiRamadan akan menghadirkan berbagai kampanye, seperti Bazar Brand Pilihan, Cantik Fest, Serbu Official Store dan Waktu Indonesia Belanja. Lewat Tokopedia #LengkapiRamadan, masyarakat bisa menemukan berbagai produk kebutuhan Ramadan dengan diskon hingga 90%, live shopping mulai dari Rp 2.000, belanja minimum Rp 20.000 bisa bebas ongkir dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa mendapatkan promo hemat hingga Rp 750.000 serta cicilan 0% dengan pembayaran menggunakan GoPayLater Cicil. Khusus 14 April 2023, Tokopedia menghadirkan promo Ramadan Ekstra untuk berbagai produk kebutuhan Ramadan dengan bebas ongkir, diskon hingga 90% serta cashback sampai Rp 1 juta.

(akn/ega)
back to top