• Home
  • Berita
  • Test IQ Tersingkat di Dunia, Cuma 3 Soal Tapi Bikin Mutar Otak

Test IQ Tersingkat di Dunia, Cuma 3 Soal Tapi Bikin Mutar Otak

Redaksi
Jul 28, 2024
Test IQ Tersingkat di Dunia, Cuma 3 Soal Tapi Bikin Mutar Otak
Jakarta -

Pasti detikers sudah tidak asing dengan yang namanya test IQ. Bila test IQ biasanya dilakukan dengan beberapa pertanyaan dan makan waktu cukup lama, test IQ yang satu ini cuma butuh tiga soal untuk diselesaikan.

Cognitive Reflection Test (CRT) disebut sebagai test IQ tersingkat di dunia dan dikembangkan di Princeton pada 2005. Pencetusnya adalah psikolog Shane Frederick. Tak sedikit, mahasiswa dari kampus bergengsi Harvard dan Yale yang kecele Ketika diminta mengerjakan tiga soal ini. Dari studi dengan CRT, hanya 17% dari responden yang mendapatkan nilai sempurna.

Wah, wah, memangnya sesulit apa sih test IQ tersingkat di dunia yang satu ini? Coba detikers, kerjakan dengan cermat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


3 Soal Test IQ Tersingkat di Dunia

1. Sebuah pemukul dan sebuah bola harganya USD 1,10 secara total. Harga pemukulnya USD 1 lebih mahal daripada bola. Berapa harga bolanya?

2. Jika dibutuhkan 5 mesin dan 5 menit untuk membuat 5 widget, berapa lama waktu yang dibutuhkan 100 mesin untuk membuat 100 widget?

ADVERTISEMENT

3. Di sebuah danau, ada sepetak bunga lili. Setiap hari, jumlahnya menjadi dua kali lipat. Jika diperlukan 48 hari agar petaknya menutupi seluruh danau, berapa lama hari yang dibutuhkan sampai petak bunga lili menutupi setengah danau?

Sudah pede dengan jawaban yang kamu siapkan? Sekarang, yuk, kita cek berapa banyak soal yang dapat kamu kerjakan dengan sempurna.

Jawaban Test IQ Tersingkat di Dunia

1. USD 0,05. Jika kamu menjawab 10 sen, pemukul dan bola itu akan berharga USD 1,20. bukan USD 1,10.

2. 5 menit. Diungkap dalam soal bahwa dibutuhkan 5 menit per 1 mesin widget untuk membuat 1 widget.

3. 47 hari. Ada yang terkecoh dengan menjawab 24 hari? Ingat kuncinya, petaknya berlipat ganda setiap harinya. Otomatis yang menutupi setengah danau akan menutupinya sepenuhnya hanya dalam satu hari. Kurangi satu hari dari 48 hari, dan kamu akan mendapatkan jawaban 47 hari.

Gimana detikers, soalnya cukup menantang atau biasa saja? Coba tulis di kolom komentar tentang berapa banyak pertanyaan yang bisa kamu selesaikan dengan benar plus perlu berapa lama untuk mengerjakannya.



Melihat Huawei MatePad SE 11 Kids Edition yang Resmi Diluncurkan di RI

Melihat Huawei MatePad SE 11 Kids Edition yang Resmi Diluncurkan di RI


(ask/ask)
back to top