• Home
  • Berita
  • Tablet Berumur Ribuan Tahun Ditemukan, Ternyata Struk Belanja Kuno

Tablet Berumur Ribuan Tahun Ditemukan, Ternyata Struk Belanja Kuno

Redaksi
Jul 28, 2024
Tablet Berumur Ribuan Tahun Ditemukan, Ternyata Struk Belanja Kuno
Jakarta -

Ribuan tahun lalu, seseorang di Turki berbelanja. Catatan transaksi belanjanya digoreskan pada tablet berupa batu berbentuk pipih dan kecil. Benda itu terkubur dalam waktu lama dan terlupakan hingga ditemukan baru-baru ini.

Menurut rilis berita dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki, sekelompok arkeolog menggali sebuah situs yang dikenal sebagai Gundukan Aççana di Hatay sebagai bagian dari proyek rekonstruksi pascagempa.

Di sana, para pekerja menemukan lempengan batu persegi kecil. Sebuah foto menunjukkan lempengan berwarna kecokelatan itu terletak di tanah berbatu. Para arkeolog mengidentifikasi artefak tersebut sebagai sebuah prasasti berusia 3.400 tahun yang digunakan sebagai kwitansi penjualan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tablet kuno itu berukuran 5cm dan beratnya kurang dari 28 gram. Teksnya mencantumkan beberapa pembelian furnitur besar dan pembelinya," kata juru bicara Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki, dikutip dari IFL Science.

Tablet kuno berisi daftar belanja ditemukan di situs penggalian arkeologi di Turki. Foto: Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki

Beberapa baris pertama pada tablet tersebut merinci benda: meja, bangku, dan kursi kayu. Saat ini para ahli masih menerjemahkan teks yang ditulis dalam bahasa Akkadia tersebut.

ADVERTISEMENT

Menurut Britannica, bahasa Akkadia adalah bahasa kuno yang digunakan oleh Kekaisaran Akkadia dan ditulis dalam aksara paku. Kekaisaran ini menguasai sebagian besar wilayah Mesopotamia, Timur Tengah modern, dan diperintah oleh raja-raja dari kota kuno yang dikenal sebagai Akkadia.

Para arkeolog berharap tablet kuno ini akan menjelaskan struktur ekonomi wilayah ini antara tahun 1500 hingga 1400 SM. Hatay adalah provinsi pesisir di Turki selatan, sekitar 1.000 km berkendara ke tenggara dari Istanbul dan di sepanjang perbatasan dengan Suriah.



Penemuan Patung Marmer Kuno oleh Arkeolog Bulgaria

Penemuan Patung Marmer Kuno oleh Arkeolog Bulgaria


(rns/rns)
back to top