• Home
  • Berita
  • NASA Jajal Streaming Video 4K dari ISS Pakai Laser

NASA Jajal Streaming Video 4K dari ISS Pakai Laser

Redaksi
Jul 28, 2024
NASA Jajal Streaming Video 4K dari ISS Pakai Laser
Jakarta -

Peneliti NASA sukses menguji coba teknologi laser untuk berkomunikasi dengan International Space Station dari Bumi.

Pengujian ini dilakukan dengan melakukan streaming video 4K yang berasal dari pesawat di angkasa ke International Space Station (ISS) dan kebalikannya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (25/7/2024).

Demonstrasi ini menunjukkan kalau NASA sudah mempunyai teknologi yang bisa menampilkan pendaratan misi Artemis ke Bulan secara langsung. Selain itu, teknologi ini juga memperlihatkan kemampuan komunikasi optik yang bisa menghubungkan manusia ke Mars dan lainnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebagai informasi, NASA biasanya menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan data dan berkomunikasi dengan benda yang ada di luar angkasa. Namun dengan menggunakan teknologi laser yang memancarkan sinar infra merah ini, kecepatannya bisa 10 sampai 100 kali lebih kencang dibanding gelombang radio.

Dalam pengujian ini, pesawat yang diuji tersebut dilengkapi terminal laser portabel dan diterbangkan di atas Danau Erie, yang berada di perbatasan Amerika Serikat dengan Kanada. Saat terbang, mereka mengirimkan data ke pusat komunikasi di Cleveland.

ADVERTISEMENT

Data tersebut barulah dikirimkan lewat jaringan terestrial ke fasilitas pengujian NASA di New Mexico. Datanya kemudian diteruskan ke satelit Laser Communications Relay Demonstration (LCRD) yang berada di ketinggian 35 ribu km di atas Bumi. Dari LCRD datanya baru diteruskan ke Integrated Laser Communications Relay Demonstration Low Earth Orbit User Modem and Amplifier Terminal (ILLUMA-T) yang ada di ISS.

Saat ini misi Artemis memang sudah resmi ditunda, misi ke-4 yang akan membawa manusia ke Bulan -- sejauh ini -- masih direncanakan sesuai jadwal pada 2028. Jika misi tersebut nantinya berhasil dilakukan, kita semestinya akan bisa menonton proses pendaratannya di Bulan dalam resolusi 4K.



Astronaut NASA Yakin Boeing Starliner Bisa Pulangkan Mereka ke Bumi

Astronaut NASA Yakin Boeing Starliner Bisa Pulangkan Mereka ke Bumi


(asj/asj)
back to top