Strategi Telkomsel untuk Layanan FMC ke Luar Jawa

Bagi Telkomsel, layanan Fixed Mobile Converge (FMC) tidak hanya Pulau Jawa saja. Luar Jawa pun akan jadi sasaran dengan strategi pemasaran tersendiri.
Hal ini disampaikan Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B Sigit seusai diskusi panel bersama para direksi dari berbagai operator seluler Indonesia pada acara detikcom Leaders Forum, Kamis (24/8/2023) di The Kasablanka Hall, Jakarta.
Sigit menjelaskan bahwa upaya Telkomsel dalam penetrasi Fixed Mobile Convergence (FMC) bukan hanya berfokus pada pasar Pulau Jawa.
Menurutnya, investasi akan terus dilakukan baik di Jawa maupun luar Jawa. Saat ini, penetrasi investasi Telkomsel di Jawa sudah cukup besar.
"Dua-duanya potensial, baik Jawa dan luar Jawa terus dilakukan investasinya. Jawa ini sudah dipenetrasi semua," jelasnya.
Sigit juga menambahkan bahwa terdapat perbedaan karakter konsumen antara Jawa dan luar Jawa. Bahkan, pasar luar Jawa terkadang lebih menarik.
"Di luar Jawa ini juga nggak kalah menarik, sebagian di antara mereka masih ada yang suka ngevlog, masih butuh entertainment lebih," tambahnya.
Ke depan, perihal penetrasi, Telkomsel akan melihat dan mengkaji kebutuhan setiap kota dan menyesuaikannya.
"Kita lihat setiap kota kebutuhannya seperti apa," kata Sigit.
Sigit menambahkan pada prinsipnya Telkomsel akan terus menerus meningkatkan penetrasi layanan di Indonesia. Harapannya adalah, masyarakat bisa terus memberikan umpan balik terhadap Telkomsel agar Telkomsel dapat mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat.
"Kita akan terus menerus meningkatkan penetrasi layanan di Indonesia tentunya. Harapan saya masyarakat terus memberikan feedback karena itu sangat penting," ungkapnya.
Dalam hal ini, Telkomsel akan berfokus pada kepuasan pelanggan dan berusaha untuk menjadi perusahaan telco yang mengutamakan konsumen.
"Kita berusaha agar tidak teknologi sentris tapi kita customer sentris, itu komitmen dari kita," tambahnya.
Telkomsel juga berkomitmen untuk terus memantau pemanfaatan koneksi mereka agar dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat.
"Kita juga punya tanggung jawab agar pemanfaatan konektivitas ini dimanfaatkan dengan baik. Ada moral di sana, internet dimanfaatkan dengan baik, kita terus menjaga itu. Karena yang menikmati konektivitas ini bukan hanya orang dewasa melainkan ada anak-anak," pungkasnya.
Simak Video "detikcom Leaders Forum: Telkomsel Siap Meningkatkan Konektivitas di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)