• Home
  • Berita
  • Soal Update OS Selama 7 Tahun, OnePlus: Emang Gak Lemot?

Soal Update OS Selama 7 Tahun, OnePlus: Emang Gak Lemot?

Redaksi
Feb 11, 2024
Soal Update OS Selama 7 Tahun, OnePlus: Emang Gak Lemot?
Jakarta -

OnePlus memastikan tak akan mengikuti jejak Google dan Samsung yang berjanji memberikan update OS selama tujuh tahun. Alasannya apa?

Seperti diketahui, Google dan Samsung menjanjikan beberapa ponsel barunya akan mendapat pembaruan OS selama tujuh tahun, tepatnya setelah mereka merilis Pixel 8 dan 8 Pro, serta Galaxy S24, S24+, dan S24 Ultra.

Sementara itu OnePlus bersikukuh pada pendiriannya, yaitu hanya menjanjikan empat pembaruan besar dan lima tahun pembaruan keamanan, yang diberikan untuk semua ponsel flagship mereka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pabrikan asal China itu punya alasan tersendiri dengan memberikan pembaruan tak lebih dari lima tahun. Alasan tersebut dijelaskan COO OnePlus Kinder Liu dalam wawancara, seperti dikutip detikINET dari GSM Arena, Minggu (11/2/2024).

"Kebijakan pembaruan software yang lebih panjang sebenarnya tidak tepat sasaran. Bukan cuma kebijakan pembaruan software yang penting untuk pengguna, namun kelancaran pengalaman pengguna pada ponsel," jelas Liu.

"Bayangkan ponsel anda seperti sebuah roti isi (sandiwch). Beberapa pabrikan kini mengatakan kalau isian dari roti -- software ponsel -- bisa tetap dimakan setelah tujuh tahun. Namun yang tidak mereka katakan adalah apakah rotinya -- pengalaman pengguna -- mungkin sudah berjamur setelah empat tahun," tambahnya.

Jadi menurutnya pembaruan software selama tujuh tahun itu menjadi tidak penting karena pengalaman penggunaan ponsel sudah buruk. Ditambah lagi, baterai ponselnya pun kemampuannya tentu sudah menurun setelah tujuh tahun dipakai.

"Jika kompetitor kami mengatakan kebijakan update softwarenya bertahan selama tujuh tahun, ingatlah kalau baterai ponselnya mungkin tidak (bertahan-red)," kata Liu.

Liu juga menjelaskan kalau OnePlus melakukan stress testing pada ponsel mereka menggunakan TÜV SUD. Tujuannya untuk mensimulasikan penggunaan selama bertahun-tahun dan memastikan performa yang kencang dan mulus setelah empat tahun penggunaan.

Lalu ada juga temuan yang dipublikasikan oleh Counterpoint Research, yang menyebutkan pengguna Android biasanya mengganti ponselnya dalam jangka waktu empat tahun.



Simak Video "Samsung Resmi Rilis Galaxy S24 Series"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)
back to top