• Home
  • Berita
  • Senjata Unik Microsoft Melawan Emisi Karbon: Alga

Senjata Unik Microsoft Melawan Emisi Karbon: Alga

Redaksi
Mar 15, 2023
Senjata Unik Microsoft Melawan Emisi Karbon: Alga
Jakarta -

Setiap tahun Microsoft membangun 50 sampai 100 data center baru di seluruh dunia, dan semuanya itu menghasilkan emisi karbon. Padahal mereka sudah berkomitmen untuk menghilangkan jejak karbon mereka pada 2030.

Komitmen yang diumumkan pada 2020 itu kemudian diperbarui pada 2021, yaitu saat mereka mengklaim sudah mengeliminasi miliaran ton karbon dioksida dari lingkungan. Meski begitu, ada emisi yang karbon yang masih meningkat. Namanya scope 3.

Emisi scope 3 ini memang bukan hasil langsung dari berbagai data center untuk layanan cloud Microsoft. Hanya saja emisi ini sulit dikontrol, dan Microsoft menggandeng Running Tide untuk "melawan" emisi ini.

Running Tide adalah perusahaan yang punya spesialisasi di bidang konversi siklus karbon. Mereka digandeng untuk menghadapi dampak dari emisi scope 3 demi mencapai target carbon-negative Microsoft.

Solusi Running Tide untuk menghadapi emisi ini adalah dengan menggunakan pelampung yang terbuat dari batu apung dan berbagai bahan natural termasuk alga. Pelampung khusus ini diletakkan ratusan kilometer dari pinggir pantai dan akan dibiarkan hingga alganya larut ke dalam air.

Alga itu akan mengambil karbon dioksida saat proses fotosintesis. Lama-kelamaan, pelampung itu akan kehilangan daya apungnya dan tenggelam ke dalam laut. Saat sudah tenggelam ke dasar laut, karbon yang sudah ditangkap itu akan tertahan di dalam laut karena tekanan air yang sangat tinggi, atau malah bisa termakan oleh berbagai biota laut, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (14/3/2023).

Tujuan utamanya sebenarnya adalah untuk melambatkan proses siklus karbon, di mana karbon akan bersirkulasi lebih lambat antara laut dan atmosfer. Harapannya karbon tersebut bisa "ditangkap" dan dikeluarkan dari siklus agar tak masuk ke dalam atmosfer dalam waktu lama.

Menurut Running Tide, karbon yang sudah tertangkap dalam proses ini bisa tersimpan di dasar laut tanpa memasuki atmosfer bumi selam ratusan, atau bahkan jutaan tahun.

Hanya saja, solusi yang ditawarkan Running Tide ini masih sebatas teori dan teknologinya masih terlalu dini karena masih perlu diuji. Menurut Jordan Breighner dari Running Tide, sejauh ini mereka baru bisa menangkap kurang dari 1.000 ton karbon selama pengujian dan penelitian. Mereka menargetkan bisa menangkap lebih dari 12 ribu ton karbon lewat kerja samanya dengan Microsoft ini selama dua tahun ke depan.



Simak Video "Rencana Microsoft PHK 10 Ribu Karyawan Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)
back to top