• Home
  • Berita
  • Selain Gerhana Bulan Penumbra, Malam Ini Ada Hujan Meteor Eta Aquarid

Selain Gerhana Bulan Penumbra, Malam Ini Ada Hujan Meteor Eta Aquarid

Redaksi
May 05, 2023
Selain Gerhana Bulan Penumbra, Malam Ini Ada Hujan Meteor Eta Aquarid
Jakarta -

Tak hanya Gerhana Bulan Penumbra, langit malam ini, Jumat (5/5/2023) akan dihiasi dengan puncak hujan meteor Eta Aquarid. Dua fenomena alam yang terjadi dalam satu malam yang sayang dilewatkan begitu saja.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebutkan hujan meteor Eta Aquarid ini terjadi antara tanggal 19 April hingga 28 Mei 2023.

"Selain fenomena Gerhana Bulan Penumbra tersebut, jika beruntung di saat yang bersamaan masyarakat juga dapat mengamati terjadinya hujan meteor Eta Aquarid," ujar Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Rhorom Priyatikanto, dalam keterangan tertulisnya.

Disampaikan Rhorom, hujan meteor Eta Aquarid biasa terjadi ketika Bumi memasuki aliran meteoroid/debu sisa komet Halley yang melintas puluhan tahun silam.

"Meskipun terjadi bersamaan, kedua fenomena ini tidak saling berkaitan," kata Rhorom.

Menurut Pusat Sains Antariksa BRIN, hujan meteor ini dapat disaksikan pada 6 Mei pukul 03.00 di arah timur dan mulai memudar seiring terbitnya matahari. Intensitas hujan meteor Eta Aquarid di Indonesia bervariasi antara 42-43 meteor per jam.

Adapun, fase bulan saat hujan meteor tampak ada fase purnama 100% di belahan langit selatan dan terbenam di arah barat setelah matahari terbit. Sedangkan, elongasi lunar mencapai 114 derajat, sehingga hujan meteor tidak pengaruhi intervensi cahaya bulan.

Sementara itu, Rhorom mengungkapkan Gerhana Bulan Penumbra tidak terlalu istimewa. Kendati begitu, momen ini bisa dijadikan untuk validasi metode hisab.

"Masyarakat akan cukup sulit menyaksikan gerhana ini untuk dilihat tanpa bantuan kamera karena hanya berupa peredupan purnama. Maka gerhana ini tidak seperti gerhana sebagian atau total yang membuat Bulan tampak kemerahan," jelasnya.



Simak Video "Catat! Ada Gerhana Bulan Penumbra Tanggal 5 dan 6 Mei 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)
back to top