• Home
  • Berita
  • Samsung Pamerkan Tiga Sensor Kamera Baru, Bakal Dipakai di Galaxy S25?

Samsung Pamerkan Tiga Sensor Kamera Baru, Bakal Dipakai di Galaxy S25?

Redaksi
Jun 29, 2024
Samsung Pamerkan Tiga Sensor Kamera Baru, Bakal Dipakai di Galaxy S25?
Jakarta -

Samsung mengumumkan tiga sensor kamera ISOCELL terbaru untuk ponsel. Apakah akan dipakai di Galaxy S25 series?

Tiga sensor tersebut adalah ISOCELL HP9, ISOCELL JN5, dan ISOCELL GNJ. Masing-masing sensor ini memiliki dan resolusi fungsi yang berbeda.

Mulai dari ISOCELL HP9 yang spesifikasinya paling menarik di antara tiga sensor ini. Sensor ini memiliki resolusi 200 MP dan diperuntukkan khusus sebagai lensa telephoto.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

ISOCELL HP9 berukuran 1/1,4 inch dengan pixel berukuran 0,56 μm. Dibandingkan pendahulunya, ISOCELL HP9 menawarkan sensitivitas cahaya yang 12% lebih tinggi dan peningkatan autofokus sebesar 10%.

Sensor ini mendukung in-sensor zoom 2x hingga 4x, serta zoom hingga 12x dalam mode telephoto 3x. Saat ini ISOCELL HP9 sudah digunakan di Vivo X100 Ultra yang diluncurkan pada akhir Mei lalu.

ADVERTISEMENT

Selanjutnya ISOCELL JN5, sensor 50 MP yang berukuran 1/2.76 inch dan pixel 0,64 μm . Samsung mengatakan ukuran sensor ISOCELL JN5 yang tipis menjadikannya sensor multifungsi yang bisa digunakan untuk kamera utama, ultrawide, telephoto, bahkan kamera depan.

Sensor baru ini membawa peningkatan berupa teknologi dual slope gain untuk single-frame HDR dan teknologi autofokus Super Quad Phase Detection. Begitu juga dengan mode low-power always-on untuk mentenagai fitur pengenal wajah dan gerakan di kamera depan.

Vendor asal Korea Selatan ini mengatakan ISOCELL JN5 mendukung zoom in-sensor 2x ketika digunakan sebagai kamera utama, dan zoom in-sensor hingga 6x ketika digunakan sebagai kamera telephoto 3x, seperti dikutip dari Android Authority, Sabtu (28/6/2024).

Terakhir sensor ISOCELL GNJ yang juga memiliki resolusi 50 MP. Sensor ini berukuran 1/1,57 inch dengan ukuran pixel 1,0 μm, kurang lebih sama seperti sensor yang saat ini digunakan Galaxy S24 dan Galaxy S24+.

Samsung menghadirkan peningkatan minor di sensor ini, termasuk lapisan anti-refractive untuk mengurangi pantulan cahaya serta material isolasi pixel yang lebih baik untuk meningkatkan reproduksi warna dan menampilkan area bayangan atau gelap secara lebih baik.



Samsung Galaxy S24 Jadi Smartphone AI Terlaris di Dunia versi Counterpoint

Samsung Galaxy S24 Jadi Smartphone AI Terlaris di Dunia versi Counterpoint


(vmp/vmp)
back to top