• Home
  • Berita
  • Samsung Pamerkan Teknologi Komunikasi Satelit Pesaing iPhone 14

Samsung Pamerkan Teknologi Komunikasi Satelit Pesaing iPhone 14

Redaksi
Feb 24, 2023
Samsung Pamerkan Teknologi Komunikasi Satelit Pesaing iPhone 14

Samsung baru saja mengumumkan teknologi komunikasi satelit untuk ponsel. Solusi baru ini diumumkan setelah Apple meluncurkan fitur SOS Emergency via Satellite di iPhone 14.

Perusahaan asal Korea Selatan itu mengungkap modem 5G non-terrestrial network (NTN) yang memungkinkan ponsel berkomunikasi dengan satelit di orbit rendah saat pengguna berada di lokasi yang tidak terjangkau jaringan seluler atau Wi-Fi.

Samsung baru memberikan teaser dan teknologi ini belum diluncurkan. Namun mereka mengatakan teknologi ini akan diintegrasikan dengan chip Exynos yang banyak digunakan di ponsel Galaxy.

"Tonggak sejarah ini dibangun di atas warisan kami yang kaya dalam teknologi komunikasi, setelah pengenalan modem 4G LTE komersial pertama di industri pada tahun 2009 dan modem 5G pertama di industri pada tahun 2018," kata Vice President of Communication Processor Development Samsung Electronics Min Goo Kim dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (24/2/2023).

"Samsung bertujuan untuk memimpin dalam memajukan ekosistem komunikasi hybrid terrestrial - NTN di seluruh dunia sebagai persiapan kedatangan 6G," sambungnya.

Samsung Galaxy S23 series sempat dirumorkan akan hadir dengan fitur komunikasi satelit, namun begitu diluncurkan fitur tersebut justru absen. Sepertinya teknologi itu belum siap dirilis bersama Galaxy S23 series dan akan diluncurkan di kemudian hari.

Teknologi komunikasi satelit saat ini hanya memungkinkan komunikasi dua arah dalam bentuk SMS dan telepon untuk keadaan darurat. Namun Samsung mengatakan teknologi buatannya akan memungkinkan pengiriman foto dan video di masa depan.

Langkah Samsung meluncurkan modem untuk komunikasi satelit mengikuti jejak Apple yang meluncurkan fitur serupa di iPhone 14 series. Apple mengandalkan jaringan satelit milik Globalstar untuk mentenagai fitur tersebut.

Sementara itu, Google dan Quualcomm berkolaborasi untuk mengembangkan Snapdragon Satellite, komponen serupa untuk modem 5G yang memungkinkan komunikasi satelit. Fitur ini akan hadir di ponsel Android yang menggunakan chipset flagship dari Qualcomm.

back to top