• Home
  • Berita
  • Samsung Ajukan Paten Desain Ponsel Lipat Bisa Berputar 180 Derajat

Samsung Ajukan Paten Desain Ponsel Lipat Bisa Berputar 180 Derajat

Redaksi
Jul 23, 2024
Samsung Ajukan Paten Desain Ponsel Lipat Bisa Berputar 180 Derajat
Jakarta -

Samsung bisa dibilang telah menjadi pemimpin di pasar ponsel lipat dengan seri Galaxy Z Fold dan Z Flip. Namun, mereka tak berpuas diri.

Berdasarkan aplikasi paten baru ditemukan yang diterbitkan oleh Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) menunjukkan bahwa Samsung mungkin sedang menjajaki desain unik yang dapat dilipat yang menggabungkan elemen-elemen ponsel yang sudah ada.

Sketsa paten menggambarkan ponsel yang pada awalnya tampak konvensional. Namun, ponsel ini memiliki mekanisme putar di mana layar utama dapat berputar 180 derajat untuk menampilkan layar sekunder di bawahnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Samsung ajukan paten desain ponsel lipat mirip LG Wing. Foto: Samsung/Gizmochina

Dilansir detikINET dari Gizmochina, Selasa (23/7/2024) paten tersebut juga menunjukkan engsel pada layar utama, yang menunjukkan bahwa ponsel tersebut bahkan dapat dilipat menjadi dua di sepanjang lipatan itu.

Jika digabungkan, fitur-fitur ini akan menciptakan ponsel dengan mode tampilan standar, mode tampilan sekunder yang berputar seperti LG Wing, dan mode seperti tablet yang dapat dibuka sepenuhnya.

ADVERTISEMENT

Paten tersebut juga mengungkapkan modul kamera di sudut kanan atas, bersama dengan port pengisian daya, mikrofon, dan speaker di bagian bawah.

Di atas kertas, ini adalah desain ponsel yang cukup unik yang secara teknis menawarkan pengalaman tiga ponsel yang dapat dilipat menjadi satu. Dalam bentuk standarnya, ponsel ini ringkas.

Layar sekunder yang dapat diputar memungkinkan multitasking yang mirip dengan LG Wing. Terakhir, kondisi layar yang terbuka sepenuhnya memberikan pengalaman tampilan yang besar tanpa gangguan.

Namun, jangan terlalu banyak berharap, pasalnya Samsung sering mengajukan paten untuk teknologi inovatif, dan paten tidak menjamin suatu produk pada akhirnya akan dirilis.

Selain itu, meskipun desainnya terlihat unik, kita harus mempertimbangkan sisi praktisnya. Engsel gabungan dan mekanisme putar mungkin secara struktural rumit dan berpotensi rentan terhadap keausan.

Selain itu, Samsung baru-baru ini mengajukan paten lain untuk smartphone yang dapat dilipat tiga kali lipat. Dengan munculnya kedua paten ini, jelas bahwa Samsung secara aktif mengeksplorasi masa depan teknologi ponsel yang dapat dilipat.

Meskipun konsep-konsep ini mungkin tidak akan menjadi produk yang tersedia secara komersial dalam waktu dekat, namun konsep-konsep ini menawarkan sekilas kemungkinan yang dibayangkan Samsung untuk masa depan layar ponsel.



Counterpoint: Samsung Jadi Brand Smartphone Terlaris Dunia di Q2 2024

Counterpoint: Samsung Jadi Brand Smartphone Terlaris Dunia di Q2 2024


(jsn/fay)
back to top