• Home
  • Berita
  • Sambut Idul Fitri 2023, Netizen Banyak Tweet Perjalanan dan Keluarga

Sambut Idul Fitri 2023, Netizen Banyak Tweet Perjalanan dan Keluarga

Redaksi
Apr 21, 2023
Sambut Idul Fitri 2023, Netizen Banyak Tweet Perjalanan dan Keluarga
Jakarta -

Pacmann, startup yang bergerak di bidang machine learning dan artificial intelligence, merilis laporan analisis tweet yang dilakukan netizen berkaitan dengan Idul Fitri 2023.

Analisis tweet netizen Indonesia dengan mengumpulkan kata kunci, mulai dari lebaran, idulfitri, idul fitri, dan hari raya dari 8-18 April 2023. Dalam melakukan analisis ini, Pacmman menggunakan teknik natural language processing guna memahami sentimen masyarakat terhadap lebaran kali ini.

Selama periode tersebut, lebih dari 311.543 tweet berhasil dikumpulkan dan dianalisis. Di sisi volume perbincangan, terpantau percakapan harian dengan kata kunci tersebut di atas naik secara konsisten. Khusus pada tanggal 17 April, volume tweets naik signifikan dibandingkan dengan hari sebelumnya -dari 32.735 ke 46.914 tweets.

Di sisi sentimen, 55% memiliki sentimen netral, 28% bersifat negatif, dan 17% sisanya memuat sentimen positif.

Contoh sentimen positif berkaitan dengan doa kesehatan, mempunyai barang baru, hingga soal status. Sedangkan, sentimen negatif berupa banyaknya tugas, tidak beli baju lebaran, sakit. Kemudian, sentimen netral berupa bikin kue lebaran, THR, maupun persiapan lebaran.

Pacmann, startup yang bergerak di bidang machine learning dan artificial intelligence, merilis laporan analisis tweet yang dilakukan netizen berkaitan dengan Idul Fitri 2023. Foto: Pacmann

Topik pertama dalam laporan analisis tweets terkait Idul Fitri yang dirilis oleh Pacmann adalah "Perjalanan". Dalam topik ini, Pacmann menemukan bahwa banyak masyarakat yang memperlihatkan keinginan atau rencana untuk melakukan mudik atau pulang kampung selama masa liburan Idul Fitri.

"Mudik adalah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat Idulfitri tiba, di mana mereka akan kembali ke kampung halaman mereka untuk bertemu dengan keluarga. Mudik menjadi salah satu momen yang paling dinanti-nantikan oleh banyak orang di Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika topik "Perjalanan" menjadi salah satu yang paling populer dalam analisis kami," ujar Bagus Cipto Kusumo, Data Scientist di Pacmann dan Valiance dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/4/2023)

Topik selanjutnya dalam percakapan Twitter tentang Idul Fitri adalah "Keluarga". Ini menandai pentingnya silaturahmi dan pertemuan keluarga selama liburan bagi banyak orang. Mereka merencanakan untuk berkumpul dengan keluarga besar pada saat lebaran, baik di rumah sendiri maupun di rumah kerabat.

Pacmann, startup yang bergerak di bidang machine learning dan artificial intelligence, merilis laporan analisis tweet yang dilakukan netizen berkaitan dengan Idul Fitri 2023. Foto: Pacmann

Lalu, topik berikutnya yang didapat dalam analisis percakapan Twitter tentang Idul Fitri di Indonesia adalah "Pakaian". Pakaian baru pada momen lebaran telah menjadi tradisi khas bagi masyarakat Muslim Indonesia. Banyak di antara mereka berbelanja pakaian baru sebelumlebarani, dan memakainya pada hari raya tersebut.

Adapun, kata Pacmann, temuan ini berpotensi memberikan wawasan menarik bagi marketer dan merek yang ingin memanfaatkan tren media sosial selama periode Idul Fitri.



Simak Video "Adhyaksa Dault Soal Perayaan Idul Fitri yang Berbeda: Jangan Jadi Persoalan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)
back to top