• Home
  • Berita
  • Salah Pilih AC Bisa Bikin Kantong Jebol, Ini Manfaat Teknologi Inverter

Salah Pilih AC Bisa Bikin Kantong Jebol, Ini Manfaat Teknologi Inverter

Redaksi
Jul 30, 2024
Salah Pilih AC Bisa Bikin Kantong Jebol, Ini Manfaat Teknologi Inverter
Jakarta - Pendingin ruangan atau air conditioner (AC) menjadi salah satu kebutuhan yang perlu dimiliki di setiap rumah. Kehadiran AC mampu membuat ruang menjadi lebih sejuk, sehingga aktivitas di dalam ruangan terasa lebih nyaman.

Meskipun begitu memilih AC tidak boleh asal. Usahakan pilih AC dengan jenis inverter sebab memiliki banyak keunggulan.

AC jenis inverter memiliki teknologi yang dipercaya bisa membuat lebih hemat energi. Selain itu, dilansir dari laman austclimate berikut adalah alasan lain mengapa AC inverter harus menjadi pilihan untuk keluarga.

1. Dingin Lebih Cepat

Suhu panas di luar ruangan membuat badan berkeringat dan terasa tidak nyaman. Tak jarang hal itu membuat tubuh mengeluarkan aroma tidak sedap.

AC inverter bisa menghadirkan suhu ruangan terasa sejuk dan nyaman lebih cepat. Berkat kecepatan kompresor yang bervariasi, membuat AC jenis ini mampu membuat ruangan menjadi dingin dalam waktu cepat.

2. Dingin Stabil

Selain memiliki kemampuan untuk membuat ruangan dingin lebih cepat, AC inverter juga mampu membuat suhu ruangan terasa lebih stabil. Sebab ada teknologi yang membuat AC inverter menstabilkan suhu ruangan.

Hal itu karena kompresor AC inverter secara otomatis akan bergerak lebih cepat ketika suhu mengalami kenaikan. Hal itu lah yang membuat suhu dingin di ruangan bisa stabil.

3. Listrik Lebih Hemat

AC berteknologi inverter tergolong ramah lingkungan. Pasalnya pendingin ruangan ini mengonsumsi energi lebih hemat dibandingkan dengan AC jenis lainnya.

Konsumsi daya yang lebih rendah membuat emisi gas rumah kaca CO2 yang keluarkan pun menjadi lebih sedikit. Hal itulah yang membuat AC jenis tersebut tergolong lebih ramah lingkungan.

Tak hanya itu, AC inverter juga tergolong lebih hemat listrik. Sebab AC jenis tersebut memiliki sistem kerja ketika suhu ruangan mendekati suhu yang diinginkan, maka kompresor akan melambat (tidak mati) dan mempertahankan suhu konstan.

Berbeda dengan AC non-inverter, pendingin ruangan ini tergolong cukup menguras isi dompet. Sebab kompresor AC non-inverter akan mati ketika suhu ruangan sudah sesuai keinginan.

AC tersebut akan kembali menyala ketika suhu panas ruangan mengalami kenaikan. Mati dan nyala kompresor inilah yang membuat AC non-inverter tergolong lebih boros mengonsumsi listrik dan bisa membuat pengeluaran membengkak.

4. Minim Berisik

Kalau dibandingkan dengan AC jenis lain, AC inverter tergolong minim berisik. Keunggulan itu tentu menjadi poin plus tersendiri, khususnya ketika AC dinyalakan di waktu istirahat.

Hal itu bisa dilihat dari pengoprasikan motor kompresor yang berjalan lebih lambat dibandingkan AC non-inverter. Semakin rendah kecepatan motor maka suara bising pun akan bisa diminimalisir.

Ada banyak pilihan AC inverter, salah satunya AC Inverter BMY Plasmacluster. AC ini dilengkapi teknologi J-Tech Inverter yang mengatur kinerja kompresor dengan lebih presisi untuk menghasilkan pendinginan maksimal dengan energi minimal. Ada juga Teknologi Ion Plasmacluster yang menghasilkan ion positif dan negatif yang secara aktif menyebar ke seluruh ruangan sehingga udara ruangan lebih bersih dan sehat.

(adv/adv)

back to top