• Home
  • Berita
  • Saksi Mata: Jet Siluman F-35 Terbang Terbalik Sebelum Jatuh

Saksi Mata: Jet Siluman F-35 Terbang Terbalik Sebelum Jatuh

Redaksi
Sep 22, 2023
Saksi Mata: Jet Siluman F-35 Terbang Terbalik Sebelum Jatuh
Jakarta -

Beberapa saksi mata melihat jet tempur siluman F-35 sebelum jatuh dan meledak. Pesawat canggih dengan harga sekitar USD 100 juta itu jatuh di pedesaan South Carolina, setelah pilotnya melontarkan diri. Belum diketahui mengapa jet ini terbang sendiri cukup jauh dan sempat tidak terlacak.

Sepasang suami istri di Carolina Selatan merayakan ulang tahun putra mereka pada Minggu sore waktu setempat, ketika mereka melihat ke langit. Menurut mereka, sebuah jet tempur terbang di atas mereka dalam posisi nyaris terbalik, sebelum mereka mendengar ledakan beberapa saat kemudian.

"Anak-anak kami selalu memberi sedikit hormat, jadi kami berkata, 'Lihat pesawatnya. Ya ampun, rendah sekali,'" kata Adrian Truluck. "Dan ketinggiannya mungkin 100 kaki di atas puncak pohon, dan hampir terbalik."

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengenai suara ledakan, mereka mengira berasal dari badai yang terjadi di sana. "Kami pikir itu adalah guntur dari kejauhan dan kami tidak memikirkannya lagi sampai mengetahui ada pesawat yang hilang," kata Adrian.

Mereka tak terlalu curiga karena memang ada pangkalan udara militer dekat situ. Namun setelah tahu ada jet tempur F-35 hilang , dan puing-puingnya ditemukan dekat rumah mereka di pedesaan Williamsburg County, mereka menyadari apa yang mereka lihat adalah peristiwa besar.

Menurut mereka seperti dikutip detikINET dari Insider, jet itu terbang di hamparan pertanian bunga matahari, pepohonan, dan beberapa rumah sebelum jatuh. Untungnya tidak ada korban masyarakat sipil.

Mereka pun sempat menghubungi militer tentang apa yang mereka saksikan. Sejauh ini pihak militer masih menginvestigasi apa yang terjadi, terutama penyebab pilot melontarkan diri dan mengapa F-35 bisa terbang sendiri cukup jauh.

Kejadian ini pun dipandang memalukan karena F-35 dibekali beragam teknologi terkini. Pengamat penerbangan dan pensiunan militer Amerika Serikat, Kolonel Steve Ganyard, kaget dan heran hal itu bisa terjadi.

"Walaupun itu pesawat siluman, kehilangan pesawat siluman sulit dimengerti. Sungguh konyol kalau pesawat semahal dan secanggih ini bisa lenyap begitu saja," ujarnya.



Simak Video "Ini Lokasi Jatuhnya Jet Tempur Siluman F-35 AS yang Sempat Hilang"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)
back to top